Kompas TV regional berita daerah

Libur Nataru Jadi Sebab Menipisnya Stok Darah PMI

Kompas.tv - 27 Desember 2021, 13:07 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Libur Natal dan Tahun Baru membuat stok darah di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kabupaten Pekalongan mulai menipis. 

Dalam dua pekan terakhir permintaan darah di kantor UDD PMI Kabupaten Pekalongan meningkat tajam. Biasanya perhari hanya melayani 20 kantong darah, namun dalam beberapa hari terakhir sampai 60 kantor darah.

Kondisi ini membuat stok darah di kantor PMI menjadi menipis. Data terakhir hingga Jumat 24 Desember 2021, hanya ada 22 kantong darah golongan A, golongan darah B 8 kantong,  AB ada 4 dan golongan darah O 20 kantong darah,.

Menipisnya stok darah selain karena meningkatnya permintaan dari rumah sakit juga dikarenakan banyak warga yang sedang vaksin dosis kedua, sehingga mereka tidak mendonorkan darahnya.

Libur Nataru juga salah satu penyebab berkurangnya warga yang melakukan donor darah, meski petugas membuka pelayanan setiap hari di sejumlah lokasi.

"Kita upayanya tetap melakukan komunikasi dengan beberapa pendonor yang ada di kecamatan, kemudian WA kita aktifkan untuk mengingatkan pendonor sudah saatnya donor. Sehingga mereka bisa datang ke UDD untuk mendonorkan darahnya tidak harus di lapangan," kata Suryadi, Kepala UDD PMI Kabupaten Pekalongan.

Petugas berharap masyarakat sadar akan pentingnya donor darah untuk membantu sesama.

#donordarah #pmi #pekalongan


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x