Kompas TV regional peristiwa

Seniman Senior dan Pendiri Teater Alam di Yogyakarta, Azwar AN Meninggal Dunia

Kompas.tv - 27 Desember 2021, 12:38 WIB
seniman-senior-dan-pendiri-teater-alam-di-yogyakarta-azwar-an-meninggal-dunia
Seni teater Indonesia berduka. Seorang pelopor teater, seniman, dan sutradara, Azwar AN, wafat di usia 84 tahun. (Sumber: Dok. Teater Alam)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Seni teater Indonesia berduka. Seorang pelopor teater, seniman, dan sutradara, Azwar AN, wafat di usia 84 tahun.

Nama Azwar AN tak bisa dilepaskan dari Teater Alam. Sebuah kelompok teater senior di Yogya yang dibentuk Azwar pada 1972 dan masih bertahan sampai sekarang.

Azwar meninggal dunia pada pukul 01.40 WIB di rumahnya, Jalan Sawo 1 No.06 Griya Wirokerten Indah, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Diketahui, Azwar berpulang setelah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta.

"Innalillahi Wa Inna Ilaihi Roji'un telah berpulang ke Rahmat Allah. Dramawan senior Jogja dan pendiri Teater Alam, Azwar AN, jam 1.40 dini hari tadi. Semoga khusnul khatimah," bunyi informasi yang diterima Kompas.tv dari grup komunitas di Yogyakarta, Senin (27/12/2021).

Jenazah Azwar AN akan dikebumikan di tempat pemakaman di belakang rumahnya pada pukul 13.00 WIB.

Baca Juga: Profil Gunawan Maryanto, Petualang Sejati di Dunia Teater, Film hingga Sastra

Profil Singkat Azwar AN

Melansir laman Borobudur Writer, Azwar AN adalah salah seorang pelopor teater kontemporer di Indonesia.

Azwar lahir di Palembang, 6 Agustus 1937 dengan nama lengkap Adhikrama Azwar AN. Petualangannya di dunia teater telah dimulai sejak remaja.

Pada tahun 1954, bersama Teater Raden Intan, Azwar mementas pertunjukan-pertunjukan, yaitu Drama Pemetik Lada, Ayahku Pulang, Terimakasih Pujaanku yang digelar di Tanjung Karang, Lampung.

Adapun Azwar mulai memasuki Yogya pada tahun 1962. Selama di Yogya petualangannya semakin moncer, awalnya Azwar bergabung dengan Teater Muslim pimpinan Mohammad Diponegoro.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x