Kompas TV advertorial

Tanggung Jawab Bersama Lindungi Keamanan Data di Ruang Siber

Kompas.tv - 27 Desember 2021, 16:20 WIB
tanggung-jawab-bersama-lindungi-keamanan-data-di-ruang-siber
Ilustrasi keamanan data dalam layanan cloud. (Sumber: Getty Images/Jirsak)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketergantungan penggunaan ruang siber, khususnya di masa pandemi Covid-19 memiliki berbagai risiko seperti peningkatan ancaman dan serangan siber secara teknis maupun sosial. Peningkatan interaksi di ruang digital perlu didukung dengan infrastruktur dan strategi keamanan yang rilabel.

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI, Hinsa Siburian mengatakan, negara terus berupaya melindungi masyarakat terkait ancaman tersebut.

“Dengan menargetkan tiga lapisan dalam ruangan siber, mulai dari lapisan fisik, lapisan jaringan logika, hingga lapisan sosial, BSSN melaksanakan tugas di bidang keamanan siber dan membantu menyelenggarakan pemerintahan,” kata Hinsa.

Kendati demikian, sambung Hinsa, tata kelola kemanan siber yang terpercaya tidak hanya bergantung pada BSSN, tetapi tetap memerlukan dukungan berbagai pihak seperti stakeholder dan pelaku usaha di dunia industri. 

Untuk itu, BSSN terbuka untuk menjalin kerja sama dengan AWS dalam memperkuat kemanan siber, melindungi data, serta mendukung kemajuan ekonomi digital.

Baca Juga: AWS Indonesia Hadirkan Solusi Pemulihan Pandemi dan Go Digital UMKM

“BSSN RI selaku penanggung jawab dalam bidang kemanan siber berharap AWS mampu mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia dengan efisien, efektif, dan aman,” ujar Hinsa.

“Saya berharap, AWS Indonesia dapat berkembang  menjadi platform yang mendukung pemulihan ekonomi digital, di mana teknologi cloud computing ini akan sangat membantu pelaku usaha nasional,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengajak para pelaku usaha khususnya di sektor ESDM untuk mengintegrasikan teknologi digital.

“Pengintegrasian teknologi digital ke dalam proses bisnis dari hulu sampai hilir memberikan kemanfataan maksimal kepada seluruh pemangku kepentingan,” ujarnya.

Di samping itu, Arifin juga menekankan pentingnya perlindungan data critical dalam implementasi pusat data.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.