Kompas TV internasional kompas dunia

Meriahnya Festival Al-Dhafra di Uni Emirat Arab, Pilih Unta Tercantik Sejagat

Sabtu, 25 Desember 2021 | 10:12 WIB
meriahnya-festival-al-dhafra-di-uni-emirat-arab-pilih-unta-tercantik-sejagat
Penjaga unta Sudan memahkotai pemenang di Festival Al Dhafra di kawasan gurun Liwa 120 kilometer barat daya Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rabu, 22 Desember 2021. Puluhan ribu unta dari seluruh wilayah turun ke gurun pasir Uni Emirat Arab, bersaing memperebutkan gelar tercantik. (Sumber: AP Photo/Isabel DeBre)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

LIWA, UNI EMIRAT ARAB, KOMPAS.TV — Jauh di dalam gurun pasir Uni Emirat Arab (UEA), momen yang ditunggu-tunggu para peternak unta tiba.

Keluarga-keluarga terpandang jazirah Arab mengangkut unta mereka melalui pasir yang meliuk diukir angin.

Para pelayan menuangkan kopi Arab ke cangkir-cangkir kecil, semua bersuka ria dengan dada berdegup kencang. Para juri lomba kecantikan unta turun ke padang gurun.

Satu pertanyaan membayangi benak seluruh penonton, baik di gurun maupun yang menyaksikan di rumah melalui siaran televisi: unta mana yang paling cantik sejagat jazirah Arab?

Bahkan saat varian omicron menyebar ke seluruh dunia, legiun peternak dari Bahrain, Kuwait, Oman, Arab Saudi, dan Qatar melakukan perjalanan ke gurun barat daya Uni Emirat Arab minggu ini membawa 40.000 unta terindah dan tercantik mereka untuk unjuk kecantikan di Festival Al Dhafra.

Lima orang juri di kontes tahunan ini menegaskan, kecantikan tidaklah ditentukan oleh mata yang melihatnya.

Di Festival Al Dhafra, juri mengevaluasi estetika unta berdasarkan kategori yang sudah ditentukan beberapa generasi lalu.

Hanya unta betina yang berpartisipasi karena jantan terlalu banyak berkelahi antar mereka sendiri, kata pihak berwenang festival.

Saat ratusan unta hitam berbulu berlari melintasi padang rumput berdebu, leher dan punuk mengayun indah dan terasa seperti bergerak dalam slow motion. Salah satu penyelenggara, Mohammed al-Muhari, menguraikan cita-cita platonisnya.

Baca Juga: Disuntik Botox dan Ditarik Pipi, Arab Saudi Diskualifikasi Puluhan Unta dari Kontes Kecantikan Unta

Juri mencermati kontestan kecantikan unta pada Festival Al Dhafra di kawasan gurun Liwa 120 kilometer barat daya Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rabu, 22 Desember 2021. Puluhan ribu unta dari seluruh kawasan turun ke gurun pasir Uni Emirat Arab untuk memperebutkan gelar tercantik di dunia. (Sumber: AP Photo/Isabel DeBre)


Sumber : Kompas TV/Associated Press

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x