Kompas TV regional berita daerah

Pelajaran Bercocok Tanam Bagi Pelajar

Kompas.tv - 24 Desember 2021, 20:26 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

PONOROGO, KOMPAS.TV - Tanamkan nilai menghargai profesi petani, puluhan pelajar SMK di Ponorogo, Jawa Timur, diajak terjun ke sawah. Tak hanya praktek langsung cara bercocok tanam, mereka juga mempelajari beragam jenis bibit padi. Para pelajar juga diajak makan bersama beralaskan daun pisang, setelah letih berlumpur dan berpeluh keringat.

Ada yang berbeda dengan pelajaran SMK 1 Pemda Ponorogo kali ini. Tak melulu di kelas atau pun bengkel, puluhan pelajar ini terjun ke areal persawahan, di kawasan Desa Betri, Kecamatan Siman, Ponorogo.

Mereka mendapatkan pelajaran langsung, proses pemilihan bibit padi yang baik serta mempraktekan langsung cara menanam. Ternyata, sebagian besar bahkan baru pertama kali bercocok tanam.

Tak heran, mereka masih kesulitan memilah bibit, lalu menancapkan ke tanah dengan cara berjalan mundur. Apalagi harus menjaga jarak tetap lurus dan sejajar hingga sepetak sawah secara bersama-sama.

 Para guru sengaja mengajak para pelajar ini terjun ke sawah, sekaligus untuk menciptakan suasana pembelajaran yang tak menjemukan. Belajar tak melulu di kelas dan laboratorium tapi bisa di persawahan. Para guru juga menanamkan ke para remaja ini, untuk menghargai jerihpayah para petani dalam memproses padi hingga bisa dinikmati menjadi nasi.

Setelah letih kepanasan bercocok tanam, sebagai gantinya, para pelajar diajak makan bersama di dekat persawahan. Caranya pun unik, beralaskan daun pisang dengan menu sederhana khas pedesaan. mereka pun lahap menikmati makan siang bersama-sama.

#beritaponorogo

#petani

#bertani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x