Kompas TV regional berita daerah

Bunda Genre di Jateng Jadi Duta Penurunan Stunting

Kompas.tv - 24 Desember 2021, 15:37 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, mengukuhkan istri Gubernur Jawa Tengah,  bupati dan wali kota se-Jawa Tengah sebagai bunda Generasi Berencana atau bunda Genre, serta duta penurunan stunting. 

Pengukuhan bunda genre dilakukan di The Royal Surakarta Heritage pada Kamis (23/12/2021) pagi. Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo berharap bunda genre yang juga duta penurunan stunting bisa menghantarkan remaja di Jawa Tengah menjadi calon orang tua yang cerdas dan sehat, sehingga akan melahirkan anak-anak yang berkualitas serta bebas stunting. Selain itu memberi edukasi kepada remaja dan pasangan usia subur untuk menghindari 4 terlalu yakni hamil dan melahirkan terlalu muda, terlalu tua, terlalu sering dan terlalu dekat jaraknya. Sesuai Instruksi Presiden Joko Widodo, angka stunting harus ditekan menjadi 14 persen pada tahun 2024. Sehingga BKKBN menargetkan, setiap tahun angka stunting harus turun 5 persen secara bertahap. Pencegahan stunting harus dilakukan bersama-sama serta dibutuhkan kerja keras.

"Kerja kerasnya itu memetakan by name by address, data mikro, treatment termasuk ini (bunda genre)" ujar Hasto Wardoyo, Kepala BKKBN RI.

Bunda genre sekaligus duta penurunan stunting Provinsi Jawa Tengah, Atikoh Ganjar Pranowo menyatakan, penanganan stunting harus dimulai dari hulu. Tidak hanya saat hamil tapi justru dari usia muda. Atikoh siap berkolaborasi dengan generasi remaja atau genre se-Jawa Tengah untuk penguatan ketahanan remaja. 

"Pertama sebagai bunda genre kita juga bisa menggandeng adik-adik remaja, melalui orang itu bisa melalui bina keluarga remaja. Harapannya ketika seorang anak mau menikah, sudah terencana kapan dia usia menikah, kapan akan hamil, kondisi jasmani rohaninya sudah siap atau belum, karena itu kuncinya" ungkap Atikoh Ganjar Pranowo, bunda genre Jawa Tengah.

Dengan adanya kerjasama dan sinergitas antar lembaga, diharapkan angka stunting bisa turun sesuai harapan. 

#bundagenre #stunting #jawatengah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x