Kompas TV regional berita daerah

Ternak Ikan Bangkitkan Ekonomi Warga

Kompas.tv - 24 Desember 2021, 15:31 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

CIAMIS, KOMPAS.TV - Lokasi Desa Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, berada di kaki gunung sawal. Airnya yang bersih dan melimpah, membuat hampir di setiap rumah warga memiliki kolam ikan. Saat ini, sedikitnya terdapat 80 kolam ikan yang ditanami jenis ikan nila. Warga memilih budidaya ikan nila, karena lebih cepat besar dibanding jenis lain dan potensi bisnisnya sangat menjanjikan. 

Berkat kekompakan dan kesuksesannya, kini warga Banjarwaru desa kecamatan Kawali kabupaten Ciamis, kampungnya diresmikan menjadi kampung nila. Awal mula terbentuknya kampung nila, bersamaan dengan datangnya pandemi covid-19. Petani ikan banyak menghadapi kendala pemasaran dan bibit, kemudian pengurus pembudidaya perikanan ciamis atau PPC, yang selama ini pelaku jual beli ikan, merangkul dan mengajak warga agar lebih serius memelihara ikan. 

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, Ciamis memiliki potensi besar usaha perikanan, karena airnya melimpah. Saat ini, di tatar galuh ada sekitar 4.000 kolam ikan dengan potensi yang sangat besar. kedepannya tidak perlu mendatangkan ikan dari tempat lain. 

Kini banyak warga dari luar daerah berdatangan membeli ikan ke Desa Kawali, baik jumlah kecil maupun besar. Sehingga warga pun tak perlu repot lagi mencari pasar untuk menjual ikan.

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x