Kompas TV regional muktamar nu

Said Aqil Siroj Lepas Jabatan Ketum PBNU: Saya Tetap akan Menyebarkan Islam Moderat dan Toleran

Kompas.tv - 24 Desember 2021, 13:43 WIB
said-aqil-siroj-lepas-jabatan-ketum-pbnu-saya-tetap-akan-menyebarkan-islam-moderat-dan-toleran
KH Said Aqil Siroj (kiri) dan KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya duduk berdampingan pada Muktamar NU di Lampung, Jumat (23/12/2021). (Sumber: Panitia Muktamar NU)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kyai Said Aqil Siroj menegaskan akan tetap menyebarkan dan mendakwahkan Islam Ahlus-Sunnah wal Jama'ah Nahdlatul Ulama (NU) meskipun tidak lagi menjadi pengurus PBNU.

Pernyataan itu disampaikan oleh Said Aqil Siroj seusai KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya terpilih sebagai Ketua Umum PBNU Periode 2021-2026.

“Saya tetap akan menyebarkan Islam yang moderat dan toleran. Jadi pengurus atau tidak jadi pengurus, itu sudah menjadi prinsip saya dan akan dilakukan semampunya. Semoga Allah memberkati kita semua,” kata Said, Jumat (24/12/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Said Aqil Siroj pun mengaku berterima kasih kepada panitia pelaksanaan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama dan seluruh pihak yang berkontribusi.

Sebab, kegiatan Muktamar ke-34 NU di Lampung dapat berjalan dengan kondusif.

Baca Juga: Apa Beda Rais Aam dan Ketua Umum PBNU? Ini Penjelasannya

“Saya ucapkan jazakumullah khairal jaza, mudah-mudahan Allah membalas amal bakti Anda sekalian. Oleh karena itu saya sangat senang bersyukur muktamar berakhir dengan baik dan yang terpilih adalah Gus Yahya,” ucapnya.

“Pilihan para hadirin tepat, tidak salah, pilihan yang sangat tepat, Insya Allah membawa barokah,” tambahnya.

Ke depan, Said berharap seluruh pihak yang ikut memilih Ketua Umum PBNU dalam Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama melupakan perbedaan yang telah lalu.

“Mari kita lupakan yang terjadi kemarin, kita bergandengan tangan untuk membesarkan Nahdlatul Ulama (NU),” ujarnya.

Said Aqil pun menyampaikan ucapan selamat kepada KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya yang terpilih sebagai Ketua Umum PBNU Periode 2021-2026.

“Sahabat Saya yang terhormat, Gus Yahya Staquf, Saya ucapkan selamat kepada Gus Yahya semoga Allah memberikan kekuatan lahir batin kepada beliau sehingga mampu memimpin PBNU ke depan lebih baik lagi, lebih sempurna lagi,” ucap Said.

Baca Juga: Kalah Suara di Dua Kali Putaran, Said Aqil: Semoga Gus Yahya Dapat Pimpin NU Lebih Baik Lagi

Sebagaimana diberitakan KOMPAS TV,  Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya berhasil mendapatkan dukungan 337 suara untuk terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021-2026.

Setelah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), dan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) melakukan pemilihan dengan cara suara terbanyak dalam Sidang Pleno V yang dipimpin Ketua dan Sekretaris Panitia Pengarah Muktamar Ke-34 NU Prof Muhammad Nuh dan H Asrorun Niam Sholeh.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x