Kompas TV regional muktamar nu

Pemilihan Ketum PBNU: Gus Yahya dan Kiai Said Aqil Siroj Melaju Pemungutan Suara Tahap Dua

Kompas.tv - 24 Desember 2021, 08:32 WIB
pemilihan-ketum-pbnu-gus-yahya-dan-kiai-said-aqil-siroj-melaju-pemungutan-suara-tahap-dua
Pemilihan ketua PBNU tahap kedua masih berlangsung dalam Muktamar Ke-34 NU, Jumat (24/12/2021) (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Fadhilah

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dan Said Aqil Siroj melaju ke pemilihan ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul periode 2021-2026 dalam Muktamar ke-34 NU di Lampung.

Gus Yahya dan Kiai Said menjadi calon ketua umum PBNU setelah memenuhi syarat minimal dukungan 99 suara dari para pemilik suara.

"Sesuai dengan tatib yang kita sahkan bersama kemarin, berarti calon yang masuk dalam pencalonan ada dua calon yaitu Bapak KH Yahya Cholil Staquf dan Bapak KH Said Aqil Siroj," kata pimpinan sidang seperti dikutip dari Breaking News KOMPAS TV, Jumat (24/12/2021) pagi.

Adapun hasil pemungutan tahap pertama jumlah suara yang diraup Gus Yahya sebanyak 327, sementara dua calon lainnya yaitu Kiai Said Aqil Siroj 203 sedangkan As'ad Said Ali sebanyak 17 suara.

Selain dua calon tersebut, dari 552 suara yang ada mengalir ke tiga bakal calon lainnya, yakni As'ad Said Ali (17 suara), Marzuki Mustamar (2 suara), dan Ramadhan Boayo (1 suara).

Sementara, ada 1 suara yang dianggap abstain dan 1 suara lainnya dianggap batal.

Baca Juga: Pemilihan Ketua PBNU: Gus Yahya Raih Suara Terbanyak, Para Pendukung Lantunkan Selawat Badar

Usai pemilihan tahap pertama, tahap selanjutnya direncanakan voting calon atau dicukupkan berdasarkan hasil musyawarah kedua calon dan persetujuan Rais Aam terpilih, yakni KH Miftahkhul Akhyar.

Kendati demikian, pemilihan calon ketua umum akan dilakukan melalui musyawarah mufakat.

Jika tak tercapai, maka akan dilakukan voting kembali terhadap 552 pemilik hak suara yang terdiri dari Pengurus Wilayah NU (PWNU) dan Pengurus Cabang NU (PCNU).

Berdasarkan laporan Dedik Priyanto Jurnalis KOMPAS.TV yang berada di lokasi Muktamar Ke-34 NU, para pendukung Gus Yahya di luar gedung pagi ini melantunkan Selawat Badar.

Selawat Badar dilantunkan para pendukung Gus Yahya sebagai selawat kemenangan atas raihan suara terbanyak.

Baca Juga: Gus Yahya Pimpin Perolehan Suara Calon Ketua Umum PBNU di Muktamar Lampung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.