Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Sri Mulyani Ungkap Kronologi Texmaco Nunggak Utang BLBI

Kompas.tv - 24 Desember 2021, 07:40 WIB
sri-mulyani-ungkap-kronologi-texmaco-nunggak-utang-blbi
Logo Texmaco. Grup Texmaco memiliki utang BLBI lebih dari Rp30 triliun. Pemerintah pun sudah menyita aset jaminan berupa 4,7 juta hektar tanah di 5 wilayah, yang selanjutnya akan dijual lewat lelang untuk melunasi utang (24/12/2021). (Sumber: www.texmaco.in)
Penulis : Dina Karina | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah akhirnya berhasil menyita aset jaminan Grup Texmaco setelah 23 tahun sejak Krisis Moneter 1998.

Perusahaan tersebut adalah salah satu debitur dana BLBI, yang meminjam uang ke Bank BRI, BNI, dan sejumlah bank swasta kala krisis keuangan melanda saat itu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, lini usaha engineering Texmaco berutang Rp8 triliun dan 1,24 juta dollar AS. Kemudian lini usaha tekstilnya berutang Rp5,28 triliun dan 256,59 juta dollar AS. Serta utang dalam bentuk valuta asing lainnya.

"Utang itu statusnya macet. Saat krisis 1997-1998, bank-bank tersebut di-bail out, maka hak tagih nya diambil alih oleh BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional)" ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual di kanal YouTube Kementerian Keuangan, Kamis (23/12/2021).

Ia menyebut, selama ini pemerintah sangat suportif kepada Grup Texmaco.

Baca Juga: Menkeu: Grup Texmaco Punya Utang BLBI Rp29 Triliun, tapi yang Diakui Hanya Rp8 Triliun

"Bahkan pemerintah meminta BNI memberi penjaminan terhadap LC-nya (letter of credit) agar usaha textil nya tetap jalan," sambungnya.

Sebagai informasi, Letter of Credit adalah jaminan pembayaran oleh perbankan, agar eksportir bisa menerima uang segera setelah mengirimkan barang kepada pembeli.

Pemilik Texmaco kemudian bertemu dengan pemerintah dan menandatangani Master of Restructuring Agreement.

Dalam persetujuan itu, pemilik Texmaco setuju utang 23 anak usaha Grup Texmaco dialihkan ke 2 perusahaan holding yang diberikan pemiliknya.

Kemudian, kedua holding tersebut akan menerbitkan exchangable bond yang akan menjadi pengganti udang-utang mereka di bank.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x