Kompas TV nasional hukum

Dibongkar Rita Widyasari: Azis Bilang Kalau Ada Apa-Apa Bisa Dibantu Robin, Maksudnya Urus PK

Kompas.tv - 23 Desember 2021, 20:16 WIB
dibongkar-rita-widyasari-azis-bilang-kalau-ada-apa-apa-bisa-dibantu-robin-maksudnya-urus-pk
Terpidana kasus suap pemberian izin lokasi perkebunan di Kutai Kartanegara, Rita Widyasari berjalan keluar seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (3/7/2019). KPK melakukan pemeriksaan sebagai tersangka terhadap mantan Bupati Kutai Kartanegara itu terkait kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). (Sumber: Tribunnews/Irwan Rismawan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari kembali mengungkapkan, Azis Syamsuddin adalah orang yang memperkenalkan dirinya dengan bekas penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju.

Rita Widyasari mengatakan, perkenalan dengan Stepanus Robin Pattuju terjadi pada September 2020 di Lapas Tangerang.

Keterangannya itu disampaikan Rita Widyasari yang hadir sebagai saksi untuk tersangka Azis Syamsuddin, Kamis (23/12/2021).

“Saat itu saya diperkenalkan 'Ini Bu Rita, mantan bupati Kutai Kartanegara' lalu Pak Robin menunjukkan 'bet-nya', saya kaget, saya lihat sekilas penyidik KPK,” ungkap Rita sebagaimana dikutip dari Antara.

Azis Syamsuddin, lanjut Rita, kemudian menyampaikan kepadanya bahwa Robin adalah orang yang bisa membantu dirinya terkait kasusnya yang dihadapinya.

Baca Juga: Azis Syamsuddin Ikhlas Terjerat Kasus Suap

Sebagaimana diberitakan, Rita Widyasari ketika itu mengajukan Peninjauan Kembali untuk kasusnya. Untuk diketahui, Rita divonis 10 tahun penjara dan denda Rp600 juta subsider 6 bulan kurungan sejak 2017 karena terbukti menerima uang gratifikasi Rp110.720.440.000 terkait perizinan proyek pada dinas di Pemkab Kukar.

Selain itu, Rita juga masih menjadi tersangka dugaan tindak pidana pencucian uang di KPK.

“Katanya 'kalau ada apa-apa bisa dibantu sama beliau', maksudnya Pak Robin bisa urus PK,” ucap Rita.

Setelah pertemuan tersebut, Rita menceritakan, Robin kembali datang ke Lapas Tangerang bersama Maskur menemui dirinya.

“Saya tidak minta bantuan, Pak Robin yang datang, Pak Robin datang dengan Maskur di Lapas Tangerang tanpa saya minta,” kata Rita.

Robin, dikatakan Rita, memamerkan kliping dokumen soal klien-klien yang berhasil dibantunya dalam kasus hukum.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.