Kompas TV bisnis kebijakan

Mengkhawatirkan, Kemen ESDM Ungkap Masih Ada Ribuan Sumur Minyak Ilegal di Indonesia

Kamis, 23 Desember 2021 | 19:26 WIB
mengkhawatirkan-kemen-esdm-ungkap-masih-ada-ribuan-sumur-minyak-ilegal-di-indonesia
Sejumlah aparat daerah di Jambi mengecek kerusakan lingkungan akibat tambang minyak ilegal di Taman Hutan Raya Sultan Thaha Syaifuddin, Kabupaten Batanghari, Jambi, Rabu (28/4/2021). (Sumber: Kompas.id/ Irma Tambunan)

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Saat ini setidaknya terdapat 4.500 sumur ilegal di Indonesia berdasarkan catatan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan, praktik penambangan sumur minyak ilegal ini tersebar di berbagai daerah. Adapun Jambi dan Sumatera Selatan menjadi daerah yang marak praktik penambangan ilegal.

“Penanggulangan sumur minyak ilegal di luar Jawa terbilang sulit lantaran berlangsung di tengah hutan yang sukar dijangkau kendaraan,” ujar Tutuka dia dalam diskusi virtual "Mencari Win-Win Solution untuk Sumur Minyak Ilegal", Selasa (21/12/2021), dilansir dari Kontan.co.id.

Ia pun menyebutkan, volume minyak yang dihasilkan dari praktik ilegal ini berkisar 2.500-10.000 barel minyak per hari atau barrel oil per day (bopd). “Angkanya dinamis. Ini dihasilkan dari reservoir yang dangkal,” terangnya.

Berkaitan dengan masalah panambangan minyak ilegal itu pula, Sekretaris Jenderal Asosiasi Daerah Penghasil Minyak Bumi dan Energi Terbarukan (ADPMET) Andang Bachtiar mengungkapkan, hal itu dapat merusak lingkungan serta meningkatkan risiko keselamatan.

Baca Juga: Revisi Aturan Tambang Minyak Kemen ESDM Dikhawatirkan Malah Ancam Kelestarian Lingkungan

“Efek terhadap pendapatan perekonomian daerah memang minim. Namun yang menonjol adalah kerusakan lingkungan, keselamatan, kecelakaan dan sebagiannya, itu yang mengemuka,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Sementara itu, Tenaga Ahli SKK Migas Ngatijan mengatakan, pihaknya telah mengkaji penanganan sumur minyak ilegal.

Kesimpulan sementara dari praktik produksi sumur minyak ilegal bisa diatasi melalui dua cara, pertama, penertiban/penegakan hukum atau hard approach. Kedua, membuat regulasi baru untuk pengelolaan sumur minyak tua agar bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Perihal regulasi baru, Ngatijan berpendapat, sebaiknya dituangkan dalam bentuk Peraturan Menteri ESDM dan Peraturan Presiden. “Kenapa perpres, karena ini lintas instansi, baik pemerintah (kementerian) lingkungan hidup, pemda sehingga evaluasi kami menilai perlu dibentuk perpres,” tuturnya.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:12
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19