Kompas TV video sinau

Boleh Dicoba, Ini Cara Buat Bioskop Sendiri di Rumah

Kompas.tv - 23 Desember 2021, 18:46 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Banyak jenis hiburan keluarga yang bisa dipilih untuk memanjakan anggota keluarga tersayang. Salah satunya menonton film, menonton film di rumah bersama anggota keluarga, bisa menjadi pengalaman yang asyik. Apalagi jika menonton film dengan suasana seperti bioskop. Tapi di dalam rumah.

Selain lebih aman, mengingat masih suasana pandemi,  menonton bersama di rumah bisa lebih ‘’irit’’. Pernah terpikirkan membuat bioskop mini di rumah?

Merangkum berbagai sumber berikut tips membuat bioskop mini di rumah:

Persiapkan Peralatannya

Baiknya persiapkan atau beli proyektor HD kelas yang tidak terlalu tinggi. Sediakan kursi yang enak untuk diduduki dalam waktu yang lama, idealnya memiliki lengan dan empuk.

Tentukan Ruangan

Pilih ruangan yang terpisah dengan lainnya, agar tidak ada gangguan, terutama suara-suara  dari luar. Karena bisa menganggu konsentrasi saat menonton film kesukaan.

Merancang Penataan Ruangan

Lakukan simulasi penempatan layar, meja, perangkat suara, dan posisi duduk. Baiknya gunakan ruangan yang persegi panjang, untuk fleksibilitas dalam memilih posisi duduk.

Atur Pencahayaan

Pastikan cahaya luar tidak bisa masuk ke bioskop pribadi di rumah, bisa dicoba dengan memilih tirai yang tebal sebagai penutup ruangan yang dijadikan bioskop.

Kendalikan Suara

Baiknya ruangan bioskop mini berpintu tebal dan kuat  dan memiliki tirai yang tebal. Karpet di lantai juga akan membuat ruangan kedap suara.

Baca Juga: Ide Hampers Natal Kekinian yang Bisa Dibuat di Rumah

https://www.kompas.tv/article/244648/ide-hampers-natal-kekinian-yang-bisa-dibuat-di-rumah 

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x