Kompas TV regional berita daerah

Menutup Ruang Gerak Calo Pekerja Migran Ilegal

Kompas.tv - 23 Desember 2021, 15:11 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG, KOMPAS.TV - Bertempat di Gedung Sate Kota Bandung, pemerintah provinsi Jawa Barat meluncurkan jJabar Migrant Service Centre atau JMSC, sebuah aplikasi yang bisa dimanfaatkan warga Jawa Barat yang ingin menjadi pekerja migran ke luar negeri, dengan cara yang lebih mudah dan aman. 

Lewat aplikasi JMSC, warga bisa mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan dan pelatihan kerja dari balik ponsel. Aplikasi JMSC ini juga bisa dimanfaatkan oleh perusahaan penempatan pekerja migran Indonesia atau P3MI, dalam menginformasikan permintaan pekerjaan dari luar negeri.

JMSC dibentuk berdasarkan perda Jawa Barat nomor 2 tahun 2021. Perda ini pertama di Indonesia sebagai turunan amanat dari undang-undang nomor 18 tahun 2017 tentang perlindungan pekerja migran Indonesia. 

Bagi pemerintah dari tingkat desa, JMSC bisa menjadi cara untuk melakukan pendataan dan pelayanan calon PMI. Aplikasi ini bisa dibuka di ponsel dengan berbasis android. Bagi yang tidak bisa mengakses lewat ponsel, bisa ke pos atau ke desa.

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x