Kompas TV nasional viral

Viral Video Tampilkan Wujud Uang Koin 75, Peruri: Itu Sebuah Medali

Kompas.tv - 23 Desember 2021, 08:38 WIB
viral-video-tampilkan-wujud-uang-koin-75-peruri-itu-sebuah-medali
Tangkapan layar dari unggahan akun TikTok @by_zoel berupa video yang menunjukan transisi uang kertas Rp 75.000 menjadi medali bertuliskan angka 75. Unggahan tersebut sempat viral karena banyak netizen mengira medali tersebut sebagai uang koin rupiah. (Sumber: TikTok/ @by_zoel)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

SOLO, KOMPAS.TV - Sebuah video viral di jagat media sosial Tanah Air setelah menunjukkan penampakan dari uang koin 75.

Dalam video tersebut, uang koin 75 ditampilkan sebagai hasil transisi dari uang kertas Rp 75.000 keluaran khusus HUT ke-75 Indonesia.

Sebagai tanggapannya, Head of Corporate Secretary Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) Adi Sunardi menjelaskan, uang koin 75 itu sejatinya merupakan sebuah medali.

"Medali yang menunjukkan angka 75 Tahun Indonesia Merdeka. Itu bukan merupakan uang logam rupiah," terang Adi, dikutip dari Kompas.com, Kamis (23/12/2021).

Baca Juga: Viral Uang Rp10 Ribu Dicorat-coret, Bank Indonesia Beri Tanggapan

@by_zoel

Bukan sulap bukan sihir, thanks bg @uangkuno5 #numismatica

Infinity - Jaymes Young

Lebih lanjut, untuk menambah wawasan masyarakat, Adi pun berbagi informasi mengenai ciri-ciri mata uang rupiah yang berupa logam atau koin.

Ciri-Ciri Uang Logam Rupiah

  • Mencantumkan gambar pahlawan
  • Terdapat nominal dalam rupiah
  • Tertera frasa 'Bank Indonesia'

Sehingga, dapat ditegaskan kembali bahwa medali berwarna kuning keemasan yang viral lewat video TikTok tersebut bukanlah uang logam rupiah.

Sebab, pada medali tersebut tertulis angka 75 yang tidak menunjukan nominal mata uang rupiah, dan tak membubuhkan keterangan bertuliskan 'Bank Indonesia' namun justru 'Republic of Indonesia'.

"Sehingga, (medali tersebut) tidak sah dipakai sebagai alat transaksi maupun pembayaran," jelas Adi.

Baca Juga: 5 Uang Kertas Kuno yang Dihargai hingga Rp1,5 Miliar, Pemiliknya Siap-siap Jadi Miliarder

Pesanan untuk Suvenir

Adi menambahkan, medali tersebut sebetulnya merupakan pesanan dari pihak ketiga kepada Peruri pada 2020, yang hendak dijadikan sebagai suvenir.

"Peruri tidak menjual medali tersebut kepada publik karena barang tersebut statusnya adalah milik pelanggan yang dicetak oleh Peruri," kata dia.

Sedangkan, lanjut Adi, uang kertas Rp 75.000 yang juga terlihat dalam video tersebut adalah uang sah untuk alat transaksi maupun pembayaran.

"Itu merupakan uang peringatan Kemerdekaan 75 tahun RI atau uang khusus bernilai Rp 75.000 dan sah digunakan sebagai alat transaksi atau pembayaran," pungkasnya.

Adapun, perlu diketahui bahwa video transisi uang kertas Rp 75.000 menjadi medali bertuliskan angka 75 tersebut viral di media sosial TikTok lewat akun @by_zoel.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x