Kompas TV olahraga kompas sport

Piala AFF 2020: Indonesia Tak Diberi Tendangan Penalti, Begini Tanggapan Shin Tae-yong

Kompas.tv - 23 Desember 2021, 00:25 WIB
piala-aff-2020-indonesia-tak-diberi-tendangan-penalti-begini-tanggapan-shin-tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menghormati keputusan wasit yang tak memberi tendangan penalti untuk timnya di leg pertama semifinal Piala AFF 2020. (Sumber: AFF Cup)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menghormati keputusan wasit yang tak memberi timnya hadiah tendangan penalti di pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2020.

Indonesia gagal meraih kemenangan di pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2020 setelah ditahan imbang Singapura dengan skor 1-1, Rabu (22/12/2021) malam WIB. 

Skuad Garuda yang lebih dulu unggul lewat kaki Witan Sulaeman di menit 28 gagal meraih kemenangan setelah Ikhsan Fandi menyamakan kedudukan bagi The Lions di menit 70.

Dengan hasil imbang ini, Indonesia dan Singapura masih mempunyai kesempatan yang sama untuk melaju ke partai Final Piala 2020.

Dalam laga tadi, Indonesia sebenarnya mempunyai kesempatan untuk memenangkan laga jika wasit lebih jeli mengambil keputusan. 

Pada menit 77, Ricky Kambuaya yang melakukan penetrasi ke pertahanan Singapura dijadikan oleh Nazrul Nazari di tepi kotak penalti. 

Dalam tayangan ulang, terlihat jelas Ricky dilanggar di dalam kotak penalti. Komentator di laga tadi juga setuju bahwa Indonesia berhak untuk mendapatkan tendangan penalti. 

Baca Juga: Keputusan-keputusan Salah Wasit Kim Hee Gon di Laga Indonesia vs Singapura

Namun wasit asal Korea Selatan Kim Hee Gon yang memimpin laga memutuskan hanya memberi Timnas Indonesia dengan tendangan bebas. 

Seusai pertandingan, Shin Tae-yong menanggapi keputusan wasit yang merugikan Indonesia tersebut. 

Shin merasa Ricky Kambuaya memang dilanggar di dalam kotak penalti dan seharusnya Indonesia diberi hadiah tendangan 12 pas. 

Meski begitu, pelatih asal Korea Selatan itu tetap menghormati keputusan yang telah dikeluarkan oleh wasit. 

“Saya belum melihat tayangan ulang dari insiden itu," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi Piala AFF. 

"Tetapi saya pikir itu ada di dalam kotak tanpa melihat video namun kami harus menghormati keputusan wasit," ucapnya. 

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Singapura akan digelar pada Sabtu (25/12/2021) akhir pekan ini. 

Kedua tim saat ini sama mempunyai agregat imbang 1-1, hasil dari leg pertama. 

Jika nanti pada 90 menit leg kedua hasil imbang tetap bertahan, laga akan berlanjut ke extra time hingga adu penalti untuk menentukan pemenang yang berhak melaju ke partai final Piala AFF 2020. 

Baca Juga: Indonesia Dominan di Babak Pertama, tapi Kehilangan Kendali Permainan setelah Turun Minum



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x