Kompas TV video sinau

Tanaman Hias Pengusir Serangga, Bisa Ditanam Sendiri di Rumah

Sabtu, 25 Desember 2021 | 18:00 WIB

Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV – Musim hujan kerap ditandai dengan munculnya berbagai macam serangga. Hal ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan terutama jika serangga muncul di sekitar rumah.

Untuk menangkal serangga masuk ke dalam rumah, ada beberapa jenis tanaman dengan aroma kuat yang mampu mengusir serangga, di antaranya:

1. Kemangi

Kemangi adalah tanaman dengan aroma daun yang khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Aroma tajam dari daun kemangi berfungsi untuk mengusir hama, dan beracun bagi larva nyamuk.

Selain itu, tanaman ini multifungsi karena juga sering ditemukan dalam lalapan, dan memiliki banyak manfaat kesehatan

2. Geranium

Geranium atau yang biasa dikenal dengan tapak dara memiliki aroma lemon yang dapat mengusir serangga dari rumah atau hama umum yang dapat merusak tanaman.

Tanaman ini dapat ditanam di pot dan tumbuh cepat di area dengan iklim hangat, cerah, dan kering.

Baca Juga: Gunakan 3 Tanaman Ini Jika Masih Banyak Tikus di Rumah

3. Krisan

Bunga krisan dikenal mampu memurnikan udara dalam ruangan dan menghilangkan racun. Minyak yang diproduksi oleh tanaman krisan adalah salah satu penolak serangga alami yang paling kuat

Aromanya yang wangi membuat bunga krisan juga sering ditambahkan ke dalam minuman seperti teh untuk menambah rasa nikmat dan wangi dari minuman.

4. Lavender

Lavender memiliki aroma kuat untuk mengusir serangga dan nyamuk, sekaligus membuat tubuh rileks.

Selain memiliki aroma yang wangi, tanaman dengan bunga yang umumnya berwarna ungu ini cukup mudah dirawat dan dapat menjadi elemen dekorasi di dalam rumah.

5. Daun mint

Tanaman daun mint memiliki aroma menyengat yang tidak disukai serangga seperti nyamuk, lalat, dan semut. Tanaman ini dapat ditanam di dalam pot dan diletakkan di sudut rumah atau di dekat jendela.

Selain mengusir serangga, daun mint juga bermanfaat sebagai tanaman obat tradisional di rumah ataupun sebagai bahan tambahan dalam masakan.

(*)

Grafis: Agus Eko

Sumber : diolah dari bebagai sumber


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:29
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19