Kompas TV nasional berita utama

Puan Maharani Apresiasi Program Modernisasi Alutsista TNI AU yang Tunjukkan Kemampuan Tempur

Kompas.tv - 22 Desember 2021, 15:24 WIB
puan-maharani-apresiasi-program-modernisasi-alutsista-tni-au-yang-tunjukkan-kemampuan-tempur
Puan Maharani pun takjub dengan Muhammadiyah di milad ke-109. (Sumber: Tangkapan layar sambutan Puan di Milad Muhammadiyah)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

 

MAGETAN, KOMPAS.TV- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengapresiasi program modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista) TNI Angkatan Udara (AU) yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan tempur.

Puan pun berpesan kepada TNI AU agar terobosan dan inovasi harus terus dilakukan untuk menyiasati kendala penyediaan alutsista.

Demikian pernyataan Puan Maharani saat meninjau program Enhanced Mid Life Update (EMLU) pesawat tempur F-16 TNI AU di Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, Selasa (21/12/2021).

“Tidak sekadar memenuhi target MEF (Minimum Essential Force), tetapi harus menghasilkan lompatan teknologi dan terobosan sehingga Indonesia dapat mengejar ketertinggalan dalam teknologi alutsista di kawasan,” ujar Puan sebagaiman dikutip dari Antara, Rabu (22/12/2021).

Baca Juga: Ada Baliho Puan Maharani di Lokasi Bencana Gunung Semeru, Pengamat: Tak Berempati dengan Korban

Puan dalam kunjungannya ke Lanud Iswahjudi sempat melihat langsung pesawat F-16 yang sudah diperbaharui kemampuan tempurnya.

Tak hanya itu, dalam peninjauannya ke Lanud Iswahjudi, Puan juga melihat kokpit pesawat dan berdialog dengan dengan para penerbang Lanud Iswahjudi.

Dalam kunjungannya, Puan didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bersama sejumlah perwira tinggi TNI AU.

Fadjar dalam kesempatan tersebut pun menjelaskan bahwa program Falcon Star EMLU merupakan salah satu terobosan TNI AU dalam memodernisasi pesawat tempur F-16.

Setelah menjalani program tersebut, kata Kasau, F-16 TNI AU berkemampuan melaksanakan pertempuran modern secara Beyond Visual Range (BVR).

Baca Juga: Puan Singgung Milenial soal Pernikahan Jangan Hanya Mikir Prewedding, Edukasi Stunting juga Penting

“Melalui program Falcon Star EMLU, F-16 kini juga dilengkapi radar dengan jangkauan yang jauh dan BVR missile AIM-120 AMRAAM. Saat ini program Falconstar EMLU sudah menghasilkan 5 pesawat dari rencana 10 pesawat,” ujarnya.

Dalam keterangannya lebih lanjut, Fadjar menambahkan program EMLU dilaksanakan sepenuhnya oleh personel TNI AU dengan pelatihan dari teknisi ahli dari Lockheed Martin, yang sekaligus bagian dari alih teknologi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.