Kompas TV regional muktamar nu

Muktamar ke-34 NU Digelar di Lampung, 5.000 Banser Siap Amankan Lokasi

Kompas.tv - 22 Desember 2021, 07:24 WIB
muktamar-ke-34-nu-digelar-di-lampung-5-000-banser-siap-amankan-lokasi
Sekitar 5.000 anggotanya disiapkan untuk pengamanan agenda Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Provinsi Lampung. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Kepala Satuan Koordinasi Nasional Barisan Ansor Serbaguna (Kasatkornas Banser) Hasan Basri Sagala menyebutkan sekitar 5.000 anggotanya disiapkan untuk pengamanan agenda Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Provinsi Lampung.

"Total seluruh anggota yang disiapkan, sesuai dengan perintah Ketua Umum Ansor, yakni sebanyak 5.000 pasukan," kata Hasan Basri Sagal seperti dikutip Antara, Rabu (22/12/2021).

Ia mengungkapkan bahwa anggota Banser tersebut akan di tempatkan ke sejumlah lokasi kegiatan muktamar, seperti di Kampus Universitas Lampung, UIN Radin Intan Lampung, dan Pondok Pesantren Darussa'adah.

"Anggota Banser yang disiapkan ini hanya dari Provinsi Lampung, tidak ada anggota dari luar daerah. Kalaupun ada dari provinsi lain membawa pasukannya itu hanya untuk diperbantukan dari pasukan yang sudah ada," kata dia.

Ia menegaskan bahwa tugas utama dari anggota Banser ini adalah mengawal dan mengamankan semua jadwal muktamar, baik itu dalam prosesnya, teknisnya maupun dalam hal penyesuaian agenda.

"Semua sudah kami bicarakan secara teknis dan detailnya apa-apa saja agendanya dimana ada kendala dan kesalahannya, itu sudah kami antisipasi, sehingga semua bisa berjalan dengan lancar," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Buka Muktamar Ke-34 NU Hari Ini di Lampung, Wapres Dipastikan Ikut Hadir

Hasan mengatakan bahwa penempatan Banser yang utama akan berada di Pondok Pesantren Darussa'adah karena di lokasi itu akan ada pembukaan serta pemilihan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

"Tapi kami juga tidak menempatkan anggota secara khusus di sana. Intinya semua lokasi pelaksanaan muktamar kami tempatkan Banser," katanya.

Diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Muktamar ke-34 NU di Pondok Pesantren Darussa'adah, Gunung Sugih, Lampung Tengah, di mulai hari ini, Rabu (22/12/2021).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dipastikan hadir pada Pembukaan Muktamar ke-34 NU tersebut.

Keterangan itu disampaikan Ketua Panitia Pelaksana KH M Imam Aziz pada Selasa (21/12) kemarin.

“Iya. Insyaallah Presiden Jokowi dan Wapres Kiai Ma'ruf sudah fix bakal hadir pembukaan Muktamar,” ujar Imam Aziz dalam siaran persnya yang diterima KOMPAS.TV.

Adapun tema yang diusung dalam Muktamar ke-34 NU ini yaitu 'Satu Abad NU: Kemandirian dalam Berkhidmat untuk Peradaban Dunia'.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia Daerah Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) Moh Mukri, total peserta resmi atau muktamirin pada muktamar di Provinsi Lampung sebanyak 1.959 orang.

Adapun para muktamirin ini terdiri dari 34 PWNU (102 orang), 521 PCNU (1.563 orang), 31 PCINU (93 orang), serta 14 badan otonom (42 orang), dan 18 lembaga (54 orang) di tingkat pusat.

Kemudian, ditambah utusan PBNU dari unsur syuriah (32 orang), mustasyar (15 orang), a’wan (20 orang), dan tanfiziah (38 orang). 

"Peserta resmi bakal hadir ke Provinsi Lampung, untuk mengikuti rangkaian kegiatan forum permusyawaratan tertinggi NU ini sebanyak 1.959 orang," kata Mukri seperti dikutip dari Antara, Selasa (21/12). 

Baca Juga: Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Harap Muktamar NU Tidak Dibumbui Politik Uang



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x