Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Sering Terganggu Notifikasi Ponsel? Ini Cara Mengatasinya

Kompas.tv - 22 Desember 2021, 06:10 WIB
sering-terganggu-notifikasi-ponsel-ini-cara-mengatasinya
Ilustrasi. Notifikasi ponsel yang muncul tiba-tiba terkadang mengganggu, berikut cara mengaturnya. (Sumber: Clique Images on Unsplash)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Notifikasi adalah fitur ponsel masa kini yang dapat menjadi pedang bermata dua. Fitur ini menduduki fungsi penting dalam beraktivitas, tetapi kadang menjadi pengganggu.

Notifikasi aplikasi surel atau pesan penting untuk komunikasi tentang pekerjaan. Anda tentu tidak ingin melewatkan tugas penting hanya gara-gara notifikasi penugasan tidak muncul.

Di lain sisi, kadang notifikasi “tak penting” mengganggu kita saat sedang beraktivitas. Ketika bekerja, Anda mungkin kesal jika berturut-turut aplikasi kalkulator atau pemutar musik mengirimkan notifikasi pop-up.

Hal ini kerap terjadi oleh aplikasi yang baru dipasang. Pengguna mungkin tidak menyangka aplikasi yang baru dipasang akan “agresif” mengirimkan notifikasi.

Baca Juga: Etika Menjenguk Orang Sakit, Salah Satunya Atur Ponsel dalam Mode Getar

Apabila Anda terganggu oleh notifikasi-notifikasi yang “tak penting” dan sering muncul tiba-tiba, terdapat sejumlah cara membungkamnya.

Melansir Kompas.com, Google selaku pemilik sistem operasi Android menyediakan beragam cara mengatur notifikasi. Caranya dapat berbeda-beda tergantung tipe ponsel dan versi Android.

Akan tetapi, secara umum, cara mengelola notifikasi agar tidak mengganggu adalah sebagai berikut.

Lewat menu pengaturan

  1. Buka pengaturan ponsel lalu sentuh “aplikasi dan notifikasi”
  2. Sentuh bagian “baru dikirim” untuk melihat aplikasi yang mengirim notifikasi terkini.
  3. Sentuh “lanjutan” dan non-aktifkan notifikasi aplikasi yang tidak Anda inginkan.

Susunan pengaturan dapat berbeda antarversi Android. Namun, secara umum langkah-langkahnya sama, yakni mencari menu pengaturan yang mengatur aplikasi dan notifikasi.

Melalui notifikasi pop-up

Anda juga mematikan notifikasi dari aplikasi bersangkutan segera usai aplikasi tersebut mengirim notifikasi pop-up. Caranya sebagai berikut.

  1. Usap layar ke bawah hingga deretan notifikasi terlihat.
  2. Sentuh dan tahan notifikkasi lalu non-aktifkan.

Melalui aplikasi yang bersangkutan

Sejumlah aplikasi menyediakan opsi bagi Anda untuk mengelola jenis dan cara notifikasi dari aplikasi tersebut. Anda tinggal mencari-carinya di menu pengaturan aplikasi.

Baca Juga: Penyimpanan Gmail Penuh? Bersihkan Segera dengan Cara Mudah Berikut


 



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x