Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Perintahkan Luhut, Izin Usaha di Kawasan Industrial Park Indonesia Selesai Dalam Hitungan Jam

Kompas.tv - 21 Desember 2021, 15:12 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo telah mengingatkan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan agar proses perizinan di Kawasan Industrial Park Indonesia (KIPI), Kalimantan Utara, tidak pakai lama.

“Izin-izin jangan hitungan hari, hitungan jam harus keluar. Saya gak mau dengar isinnya terlambat, izinnya terlambat. Saya tadi udah bilang ke Menko Marves soal izin yang terlambat-terlambat tidak ada. Kalau ada yang tidak selesai sampaikan pada sama saya.”tegas Jokowi di lokasi KIPI, kabupaten Bulungan Kalimantan Utara, Selasa (21/12/2021).

Presiden juga mengingatkan segenap jajaran termasuk Kapolda, Kapolres, Pangdam, Kodim, Gubernur hingga bupati untuk mengawal kawasan industri hijau aman.

“Ini kita harapkan jadi industri kawasan hijau terbesar di dunia, 16.400 hektare targetnya 30.000 hektare. 2 tahun lalu saya puterin kawasan ini dengan pesawat, keadaaanya seperti apa, situasinya seperti apa. Saya minta Kapolda, Kapolres, Pangdam, Kodim, Gubernur hingga bupati menjaga kawasan ini aman. Investasi cepat terbangun. Jangan sampai ada masalah sekecil apa pun.”ucap Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Minta Menteri dan Gubernur Siapkan 100 Ribu SDM untuk Kawasan Industrial Kalimantan Utara

Kawasan Industrial Park Indonesia (KIPI), Kalimantan Utara menelan investasi sebesar Rp1.848 triliun untuk seluruh tahapan konstruksi dan komersialisasi sampai 8 tahun ke depan.

Proyek itu juga ditargetkan selesai konstruksi pada 2024 dan operasi bertahap mulai 2023, 2024, hingga 2029.

Jokowi menyebutkan beberapa proyek rencananya akan dibangun seperti smelter aluminium, petrokimia, industrial silicon, polycrystalline silicon, dan solar panel.

Video Editor: Vila



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x