Kompas TV video sinau

Kenapa Zebra Tubuhnya Belang Hitam-putih?

Kompas.tv - 20 Desember 2021, 15:27 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Banyak hewan yang hidup di Afrika, seperti singa, gajah Afrika, badak Afrika, jerapah, dan zebra. Zebra  memiliki keunikan pada tubuhnya, yaitu kulit yang bercorak hitam putih.

Berdasarkan hasil penelitian, dilansir dari CNNIndonesia.com, zebra adalah hewan berambut hitam dengan garis-garis putih.

Peris sama seperti sidik jari, pola belang-belang pada zebra tidak ada yang sama. Melansir kompas.com, zebra, kuda dan keledai merupakan anggota genus Equus.

Lalu, kenapa zebra berkulit belang hitam putih?

Para ilmuwan juga masih memperdebatkan asal usul dan fungsi garis-garis pada kulit zebra.  Salah satu kemungkinannya adalah, warna kulit belang itu, untuk perlindungan dari gigitan lalat.

Lalat penghisap darah, adalah ancaman bagi hewan di Afrika. Lalat kuda dan lalat tsetse menularkan penyakit yang berbahaya, tak hanya bagi hewan, tapi juga ke manusia.

Penyakit yang ditularkan yaitu penyakit tidur yang menyerang sistem saraf, menyebabkan penderitanya mengalami gangguan tidur, koma, bahkan kematian.

Jadi kesimpulannya, kontras tinggi antara hitam dan putih pada zebra kemungkinan besar menipu penglihatan resolusi rendah lalat. Imbasnya,  lalat  mengira sedang menuju ke ruang terbuka alih-alih mendarat. 

Baca Juga: Pascabencana Semeru, Warga Lumajang Pilih Jual Hewan Ternak Mereka yang Selamat

https://www.kompas.tv/article/240558/pascabencana-semeru-warga-lumajang-pilih-jual-hewan-ternak-mereka-yang-selamat 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x