Kompas TV nasional kesehatan

Yuk, Hidup Sehat dengan Susu Sapi! Salah Satu Khasiatnya Dapat Turunkan Berat Badan

Kompas.tv - 19 Desember 2021, 10:00 WIB
yuk-hidup-sehat-dengan-susu-sapi-salah-satu-khasiatnya-dapat-turunkan-berat-badan
Ilustrasu susu sapi segar. (Sumber: PIXABAY/COULEUR)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Susu sapi telah dikenal oleh banyak orang sebagai salah satu minuman yang kaya akan nutrisi sehingga dapat menyehatkan badan.

Melansir NDTV, dengan rutin meminum susu sapi, maka kesehatan jantung, sistem saraf, tekanan darah, hingga berat badan pun dapat terjaga.

Dalam segelas susu sapi segar, terkandung sejumlah nutrisi seperti kalsium, vitamin B dan D, serta tentunya protein, yang bermanfaat bagi sistem metabolisme sehingga dapat menjaga tubuh tetap ideal.

Namun, apabila hendak mengonsumsi susu sapi sebagai salah satu bagian dari pola hidup sehat guna mendapatkan tubuh yang ideal, alangkah baiknya sejumlah hal berikut mulai diperhatikan.

Baca Juga: Masih Bingung Memilih ASI atau Susu Formula? Ibu Harus Tahu Ini

1. Rutin minum susu setiap hari

Karena mengandung begitu banyak protein, maka susu sapi dinilai efektif untuk menurunkan berat badan dan membentuk massa otot, sebagaimana dikutip dari Healthline.

Oleh sebab itu juga, para ahli diet banyak yang menyarankan konsumsi susu sapi setiap hari jika ingin mendapatkan berat badan yang seimbang dengan cepat.

Selain itu, protein dalam susu sapi juga bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama sehingga rasa lapar pun akan jarang menghampiri.

2. Jangan tambahkan pemanis secara berlebihan

Sementara itu, susu sapi bisa membahayakan berat badan apabila diminum dengan tambahan pemanis yang terlalu berlebihan.

Sebagai gantinya, agar susu sapi bisa mendukung program diet, tambahkan bahan pangan yang aman seperti lada, kayu manis, kunyit, dan kamomil.

Seperti dilansir dari Times of India, bahan-bahan pangan tersebut juga memiliki properti yang bermanfaat melancarkan sistem metabolisme tubuh sehingga pastinya dapat mendukung program diet.

Baca Juga: Benarkah Susu Dapat Redakan Pedas dari Cabai?

3. Minum susu sapi dalam porsi secukupnya

Supaya serangkaian manfaat berupa menurunkan berat badan, risiko diabetes tipe dua, dan gangguan jantung lebih terasa maksimal, konsumsilah susu sapi segar dalam porsi yang cukup, jangan berlebihan.

Perlu diingat, susu sapi itu juga mengadung lemak jenuh dalam takaran tinggi yang dapat membahayakan kesehatan badan.

4. Usai olahraga adalah waktu yang tepat untuk minum susu sapi

Sedangkan, waktu terbaik untuk mengonsumsi susu sapi adalah sehabis berolahraga, agar mendukung program diet dan membentuk massa otot.

Sebuah studi membuktikan, wanita yang rutin mengonsumsi susu selepas berolahraga mendapatkan otot yang lebih kuat dan penurunan timbunan lemak yang signifikan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.