Kompas TV regional berita daerah

Vaksinasi Anak Terhambat Rendahnya Capaian Vaksin Orang Dewasa

Kompas.tv - 18 Desember 2021, 12:03 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MADURA DAN BENGKULU, KOMPAS.TV -  Sejumlah daerah sudah menggelar vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun, namun beberapa daerah lainnya belum bisa mengadakan vaksinasi anak, karena capaian vaksinasinya rendah. Pihak Dinas Kesehatan berharap masyarakat, terutama orang dewasa, agar segera vaksin, agar anak  juga bisa segera divaksin.

Kabupaten Bangkalan Madura Jawa Timur merupakan daerah yang belum bisa mengadakan vaksinasi anak. Seluruh siswa sekolah dasar di daerah pulau madura bagian barat ini belum bisa mengikuti vaksin Covid-19, karena capaian vaksinasi dosis satu masih 43 persen per 17 Desember.

Baca Juga: Menggalakkan Vaksinasi Anak Usia 6 Tahun, Orangtua Diharapkan Beri Izin

Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan, Sudiyo berharap masyarakat umum, terutama orang dewasa dan lansia, untuk segera vaksin agar anak usia 6 - 11 tahun bisa divaksin dan memiliki kekebalan tubuh ketika terinfeksi virus corona.

Kabupaten di ujung timur Pulau Madura, yakni Sumenep, juga bernasib sama dengan Kabupaten Bangkalan. Anak-anak usia sekolah dasar belum bisa mengikuti vaksinasi Covid-19, karena capaian vaksinasi dosis pertama 40 persen, sedangkan capaian vaksinasi lansia baru mencapai 22 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Agus Mulyono, juga berharap kepada masyarakat, khususnya orang dewasa dan lansia untuk segera vaksin agar anak-anak bisa juga divaksin. Di Sumenep sendiri, ada 90.000 lebih anak yang ditargetkan mendapat vaksin.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 di Jawa Timur Terus Digenjot, Menyasar Pelajar, Santri dan Nelayan


Selain di Pulau Madura, di Pulau Sumatera juga banyak daerah yang belum bisa menggelar vaksinasi anak, salah satunya Kota Bengkulu. Karena capaian vaksinasi dosis kedua di Kota Bengkulu belum mencapai target 60 persen, yakni masih 54 persen per 15 Desember.

Kementerian Kesehatan RI telah mengeluarkan aturan terkait persyaratan vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun, salah satunya adalah capaian vaksinasi di daerah tersebut untuk dosis satu harus 70 persen dan dosis dua 60 persen.

#VaksinasiAnak #VaksinCovid-19 #CapaianVaksinRendah #Anak6Tahun



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x