Kompas TV regional peristiwa

Update Bencana Semeru: Masa Tanggap Darurat Diperpanjang, Status Gunung Menjadi Siaga

Kompas.tv - 18 Desember 2021, 08:40 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Status tanggap darurat bencana Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, diperpanjang hingga tujuh hari ke depan.

Keputusan perpanjangan masa tanggap darurat dilakukan menyusul peningkatan status gunung tertinggi di Pulau Jawa itu dari level dua (waspada) ke level tiga (siaga).

Pada masa perpanjangan, fokus penanganan bencana Gunung Semeru meliputi penyelamatan, evakuasi korban, penyediaan tempat aman bagi pengungsi, pemenuhan kebutuhan dasar, serta pemulihan sarana dan prasarana atau fasilitas umum.

Baca Juga: Cegah Banjir Lahar Gunung Semeru, Warga Alihkan Aliran Sungai

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang menyatakan, selama masa tanggap darurat masyarakat diminta untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 13 kilometer dari pusat erupsi.

Sementara itu, terkait relokasi bagi pengungsi, saat ini pemerintah daerah setempat masih melakukan  pendekatan dengan pengungsi agar mau menempati hunian sementara.

Rencananya, hunian sementara akan dibangun di dua tempat. Kedua lokasi tersebut sudah dilakukan kajian termasuk dengan badan geologi.

Video editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x