Kompas TV regional berita daerah

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Lantik 24 Notaris

Kompas.tv - 17 Desember 2021, 17:05 WIB
kakanwil-kemenkumham-sulsel-lantik-24-notaris
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Lantik 24 Notaris wilayah Sulawesi Selatan (Sumber: kanwilkumham sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Harun Sulianto lantik 24 orang notaris wilayah Sulawesi Selatan di Hotel Gammara Makassar, Rabu sore (15/12).

Notaris yang dilatik terdiri dari 23 Notaris baru dan 1 orang notaris pindah wilayah. Notaris baru terdiri dari 1 orang Notaris Gowa, 2 orang Takalar, 1 orang Bulukumba, 2 orang Sinjai, 1 Orang Kabupaten Kepulauan Selayar, 3 orang Maros, dan 3 Orang Parepare.

Kemudian 1 Orang Sidrap, 1 Orang Pangkep, 1 orang Barru, 3 orang Bone, 1 Orang Soppeng, 1 orang Luwu Utara, dan 2 Orang Luwu Timur. Kemudian untuk pindah Wilayah 1 orang yakni dari Sulawesi Barat ke Luwu Timur Sulawesi Selatan.

Kakanwil Harun mengatakan bahwa seorang notaris dalam melaksanakan Tugas dan Jabatannya harus berpegang teguh pada Kode Etik jabatan Notaris.

Kemudian Laksanakan tugas secara Profesional dengan kewenangannya sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Undang-undang. Bertindak Jujur, Seksama, Mandiri, Amanah, Tidak Berpihak, mengedepankan prinsip kecermatan dan kehati-hatian yang berlandaskan kepada etika profesi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kepada Para Majelis Pengawas Notaris, Kakanwil Harun minta agar dapat dengan cepat merespon setiap peroalan notaris yang ada dan diharapkan dapat memberikan solusi yang cepat dan tepat guna memenuhi kepastian hukum.

Harun mengatakan bahwa notaris yang ada di Sulsel termasuk yang dilantik hari ini sebanyak 522 Orang dan diawasi oleh 7 (Tujuh) Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN), 1 Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN), dan 1 Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW).

"Terkait pengawasan dan pembinaan Notaris di Tahun 2021, MPW telah melaksanakan 1 kali sidang dan memberikan 3 rekomendasi Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN) . Sedangkan Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW) Sulsel , telah melaksanakan 11 kali sidang dan 34 Permohonan Aparatur Penegak Hukum.

Kemudian MPDN Makassar telah melakukan 6 kali sidang dan 12 pengaduan masyarakat, MPDN Parepare 2 kali sidang dan 2 kali pengaduan, MPDN Maros 2 kali sidang, 7 temuan hukum dan 1 pengaduan, MPDN Gowa tidak ada sidang dan pengaduan, MPDN Palopo 2 kali sidang dan 1 kali pengaduan, dan MPDN Bone 1 Kali sidang dan 1 kali pengaduan serta MPDN Takalar 1 Sidang dan 3 pengaduan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM kemenkumham sulsel Anggoro Dasananto, Ketua Pengwil Ikatan Notaris Indonesia ( INI) Sulsel Abdul Muis, Anggota MKNW Sulsel Ahmad Saleh, Ketua Pengda INI Gowa Supriyanto, Ketua Pengda INI Bone Ida Wahida dan Ketua Pengda INI Takalar Abdul Samad Sultan.



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x