Kompas TV feature food story

Mak Nyus Jakarta (1)

Kompas.tv - 18 April 2018, 15:00 WIB
Penulis : Edika ipelona

Kita telah kehilangan Pak Bondan Winarno, tokoh kuliner yang dikenal dengan ungkapan Mak Nyus ini meninggal dunia di usia 67 tahun.  Untuk mengenang beliau, Food Story akan merangkum beberapa kuliner favorit Pak Bondan seperti yang ada di dalam buku “100 Mak Nyus Jakarta”.

Destinasi pertama adalah Nasi Ulam Misdjaya yang mangkal di depan Klenteng Toa Se Bio, di daerah Glodok, Jakarta Barat. Nasi Ulam Misdjaya ini bisa dibilang legendaris dan istimewa. Nasi Ulam merupakan hidangan khas Betawi, berupa nasi putih dengan serundeng, remukan kacang dan bawang merah goreng dengan berbagai lauk pelengkap. Cumi kering asin, jadi lauk favorit Pak Bondan. 

Ada juga kuliner Betawi yang sudah langka banget, namanya Sayur Besan. Sayur istimewa ini jadi suguhan wajib saat perhelatan perkawinan dalam adat Betawi. Bahan utama sayur besan ini adalah terubuk yang bentuknya mirip bunga tebu.

Kuliner Betawi favorit Pak Bondan lainnya adalah Pecak Gurame Haji Nasun. Di Betawi ada dua jenis pecak, pecak dengan kuah bening dan kuah kacang. Kalau Pecak Gurame Haji Nasun berkuah kacang.

Se-spesial apa sih kuliner-kuliner Betawi Favorit Pak Bondan Winarno? Saksikan Food Story berikut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.