Kompas TV regional berita daerah

Dari Status Waspada, Kini Gunung Semeru Naik Level ke Siaga 3

Kompas.tv - 17 Desember 2021, 13:05 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, dinaikkan statusnya dari waspada level 2 ke siaga level 3. Kenaikan status ini terjadi sejak Kamis malam (16/12).

Menurut Badan Geologi Kementerian ESDM, aktivitas Gunung Semeru sejak beberapa hari terakhir mengalami peningkatan. Kamis kemarin sudah terjadi tiga kali awan panas guguran dengan jarak luncur 4,5 kilometer ke arah Curah Kobokan.

Pantauan kegempaan didominasi oleh gempa letusan, embusan dan gempa guguran. Kegempaan tersebut meningkat sejak tiga terakhir sebanyak 15 hingga 73 kejadian.

Selain pertimbangan tersebut, pertimbangan lain naiknya status adalah adanya potensi awan panas guguran. Sebab, endapan aliran lava kini mencapai dua kilometer dari puncak Gunung Semeru.

Baca Juga: Banjir Lahar Hujan Semeru, Warga Dievakuasi ke Tempat Aman

Sementara itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, sudah menetapkan dua tempat relokasi yang akan dibangun hunian sementara. Tempat tersebut berada di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro dan Desa Oro Oro Ombo Kecamatan Pronojiwo. 

Saat ini, dana yang sudah terkumpul dari para relawan maupun dari Badan Amil Zakat Nasional mencapai 15 miliar rupiah. Pemkab setempat masih membuka donasi bagi para donatur untuk membantu korban terdampak bencana Semeru.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq optimis tiga pekan kedepan hunian sementara segera selesai dan bisa ditempati warga.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

"Arch of Constantine"

24 April 2024, 20:58 WIB

Close Ads x