Kompas TV regional berita daerah

Sengketa Tanah Berimbas Pada Akses Masuk ke Rumah Warga

Kompas.tv - 17 Desember 2021, 07:17 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Akses rumah ditutup tembok kembali terjadi di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Kali ini terjadi di Desa Janegara, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes. Selasa siang, akses dua rumah yang masih memiliki hubungan kerabat dengan pemilik tanah ditutup tembok.

 

Tembok sepanjang lima belas meter ini dibangun oleh pemilik tanah Murtado 64 tahun setelah putusan pengadilan yang memenangkannya atas keponakannya. Sebelumnya Murtado dan Zaenab bersengketa soal tanah. Sebagian tanah Murtado dibangun sebuah toko oleh Bashor anak Zaenab hingga berakhir di pengadilan.

 

Murtado lalu membangun tembok sepekan lalu, untuk mengakhiri sengketa. Namun tembok tersebut menutupi akses masuk ke rumah Rohimi 54 tahun adik Zaenab. Sehingga ia kesulitan keluar masuk rumah, apalagi lagi untuk mengeluarkan sepeda motor. Karena tembok yang tengah dibangun tepat berdiri menutup depan rumah.

 

Sementara Murtado, tetap bersikukuh melanjutkan pembangunan tembok karena dibangun di tanah miliknya sesuai putusan pengadilan. Menurutnya saat mediasi di pengadilan, keponakanya tak pernah hadir hingga membuatnya kesal dan terpaksa mengajukan eksekusi hingga membangun tembok.

 

Pemerintah Desa Janegara, rencananya akan memanggil kedua belah untuk dimediasi. Terkait pembangunan tembok, Pemdes setempat tidak bisa melarang karena tanah tersebut syah secara hukum sesuai putusan pengadilan. Namun demikian, hingga kini pemilik tanah belum melaporkan pembangunan tembok dan diduga belum memiliki IMB.

 

Rohimi, salah satu pemilik rumah yang tertutup tembok berharap akses keluar masuk rumahnya bisa normal kembali seperti sebelum dibangun tembok. Akibat pembangunan tembok jika dalam kondisi emergensi ia dan keluarganya kesulitan keluar masuk rumah. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x