Kompas TV regional wisata

Pelaku Pariwisata Gili Trawangan: Dulu Saya Pikir Pandemi Bakal Selesai 2 Minggu, Ternyata (2)

Kompas.tv - 17 Desember 2021, 07:19 WIB
pelaku-pariwisata-gili-trawangan-dulu-saya-pikir-pandemi-bakal-selesai-2-minggu-ternyata-2
Kompleks bangunan yang di masa sebelum pandemi berwujud kafe, restoran dan butik di salah satu sudut Gili Trawangan ini kini merana tak terurus, Kamis (16/12/2021). (Sumber: Kompas.tv/Vyara)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.TV – Senyapnya Gili Trawangan akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, membuat para pekerja yang menggantungkan hidup dari dunia pariwisata, terdampak. 

Kadek salah satunya. Karyawan restoran sebuah hotel di Gili Trawangan ini sempat dirumahkan selama beberapa bulan. Bulan ini, ia dipanggil untuk kembali bekerja.

Namun, jam kerja dan upah yang diterimanya, disebutnya tak sesuai, lantaran sepinya tamu hotel.

“Dulu, biasanya kita kerja shift-shift-an. Sekarang, saya kerja dari pagi sampai malam, tapi gajinya hanya setengah dari gaji di bulan normal,” ungkapnya.

Tapi, Kadek mengaku tak punya pilihan.

“Saya mau ngumpulin modal untuk jualan makanan di rumah,” ujar warga Lombok Utara ini. 

Baca Juga: 64 Peselancar Gelar Paddle-Out Berikan Penghormatan pada Alm Wawan yang Tewas di Laut Gili Trawangan

Senada dengan Kadek, Ilhani juga tak punya pilihan. Mantan chef yang sebelumnya bekerja membuat sushi di restoran Irlandia di Gili Trawangan ini kini membantu istrinya berjualan gorengan di dekat pelabuhan. 

“Kalau saya ndak jualan, ndak kita bisa bayar kos,” ujar pria dua anak yang tinggal di sebuah rumah kontrakan di kaki Bukit Gili Trawangan di bagian selatan ini.

Sejak pagi hingga sore, ia berjualan donat, pisang molen, bakwan dan onde-onde di kios kecil di gang dekat pelabuhan Gili Trawangan. Hasilnya, disebutnya tak menentu.

“Kalau dulu kan, apa saja yang kita buat, dibeli sama tamu (turis). Sekarang, ndak tentu,” ucapnya.

Para pemilik usaha pariwisata pun dituntut bersiasat demi bertahan hidup. Memangkas karyawan, menutup sebagian operasional usaha, atau bahkan beralih profesi, dilakoni. 

M Sarro (kanan) tampak berbincang bersama dua orang warga di kediamannya di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. (Sumber: Kompas.tv/Vyara)


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.