Kompas TV nasional gaya hidup

Hobi Menanam di Wadah Berisi Air? Ini 4 Tips Sederhana agar Tanaman Tumbuh Subur

Kompas.tv - 16 Desember 2021, 13:21 WIB
hobi-menanam-di-wadah-berisi-air-ini-4-tips-sederhana-agar-tanaman-tumbuh-subur
Ilustrasi tanaman hias yang media tanamnya berupa air. (Sumber: SHUTTERSTOCK/ANGIEYEOH)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Memanfaatkan air sebagai media tanam untuk tanaman hias bukanlah sesuatu yang baru, terutama dalam beberapa waktu terakhir ini.

Kondisi pandemi saat ini, yang membuat orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, menjadi salah satu alasan kenapa hobi menanam tanaman di wadah berisi air kini makin digemari.

Pasalnya, selain memberikan kesejukan dan ketenangan, tanaman hias dengan media tanam air juga dapat menambah aksen dekorasi di dalam hunian.

Namun, sebelum menanam tanaman di air, alangkah baiknya simak beberapa tips sederhana berikut yang dilansir dari Real Simple pada Kamis (16/12/2021).

Baca Juga: Tips Merawat Tanaman Hias dalam Rumah selama Musim Hujan, Ada 5 Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Perhatikan paparan cahaya yang dibutuhkan tanaman

Layaknya tanaman dalam pot dan di luar ruangan, tanaman yang ditanam di air juga perlu asupan cahaya sebagai kebutuhan dasarnya.

Mengingat, cahaya memiliki peran penting dalam fotosintesis, sehingga jika jumlahnya tak terpenuhi maka dapat mengganggu tumbuh kembang tanaman.

Akan tetapi, setiap tanaman yang tumbuh di air punya kebutuhan jumlah cahaya yang berbeda-beda. Jadi, sebaiknya periksa preferensi cahaya untuk setiap varietas spesifik tanaman.

Baca Juga: Pastikan 5 Tanaman Ini Tak Ada di Rumah, Fengsui: Hadirkan Energi Negatif

2. Gunakan wadah yang tepat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x