Kompas TV regional peristiwa

Selama Nataru, Polres Boyolali Gelar Operasi dan Pengecekan Swab di Jalan Tol Solo-Semarang

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 16:35 WIB
selama-nataru-polres-boyolali-gelar-operasi-dan-pengecekan-swab-di-jalan-tol-solo-semarang
Ilustrasi. Kepolisian Resor (Polres) Boyolali akan melakukan check point di rest area Jalan Tol Solo-Semarang pada saat momen Natal dan Tahun Baru 2022 mendatang  (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Kepolisian Resor (Polres) Boyolali akan melakukan check point di rest area Jalan Tol Solo-Semarang pada saat momen Natal dan Tahun Baru 2022 mendatang.

Menurut Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond melalui Kabag Ops Polres Boyolali Kompol Budiarto mengatakan,  check point itu berkaitan dengan Operasi Lilin Candi yang akan digelar pada 24 Desember sampai 2 Januari 2022 mendatang. 

Pengecekan akan dilakukan di dua rest area jalur A dan B yang ada di wilayah Kecamatan Teras.

Selama operasi ini, pihaknya bakal melakukan swab antigen kepada pengguna jalan tol.

“Jadi dua rest area tol akan menjadi check point. Karena masyarakat luar kota lebih sering lewat tol. Maka kita lakukan swab di rest area A dan B,” kata Kabag Ops Polres Boyolali Kompol Budiarto dikutip dari Tribunsolo, Rabu (15/12/2021).

Lebih lanjut, pihaknya juga menyatakan apabila dalam pengecekan nanti ditemukan pengendara yang reaktif. Maka, kata Budiarto pengendara akan langsung dibawa ke tempat isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan (AHD) Ngemplak, Boyolali.

Baca Juga: Operasi Lilin - Pos Check Point Jadi Strategi Kapolri Cegah Lonjakan Covid-19 saat Nataru

Selain itu juga, Polres Boyolali akan memasang stiker khusus bagi pengendara yang sudah dilakukan swab antigen.

“Sedangkan yang sudah di cek swab antigen akan dipasangi stiker khusus," jelasnya. 

Terkait Operasi Lilin yang akan dilakukan, Polres Boyolali memastikan sedikitnya akan ada sebanyak 970 personil yang akan diterjunkan guna pengamanan Nataru.

Selain di dua rest area, Polres Boyolali akan menerjunkan petugas di 7 pos pengamanan dan tiga gereja yang ada di wilayah Boyolali.

Adapun kata Budirto Operasi Lilin ini tidak hanya fokus pada pengamanan melainkan juga terkait dengan penerapan protokol kesehatan.

“Operasi lilin candi akan kami gelar 10 hari, 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Mulai dari giat pencegahan dengan didukung deteksi dan penegakan hukum. Termasuk prokes," ujarnya.

Selain itu, Polres Boyolali akan mendirikan pos pengamanan insidental di tiga gereja pada saat momen Natal, yaitu di Gereja Santo Andreas, Gladagsari; Gereja Kristen Indonesia, dan Gereja Katolik Santa Maria di Jalan Merbabu, Boyolali Kota.

Ketiga gereja tersebut dipilih karena memiliki jemaat cukup besar. Sehingga perlu untuk pengamanan dan pengaturan lalu lintas. 

"Pada nataru ini, keberhasilkan kita kalau mampu memutus rantai penyebaran covid-19, percepatan vaksinasi, Keamanan dan ketertiban masyarakat, berkurangnya kemacetan dan kejahatan, serta nataru bisa berjalan aman dan kondusif," pungkasnya.

Baca Juga: Tekan Mobilitas Masyarakat saat Libur Nataru, Polisi Gelar Operasi Lilin 20 Desember-2 Januari



Sumber : Kompas TV/tribunsolo

BERITA LAINNYA



Close Ads x