Kompas TV video sinau

Kenapa Kabel Listrik Dipasang Agak Kendur? Ini Alasannya

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 20:10 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Listrik merupakan sumber energi yang digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Energi listrik disalurkan ke tiap rumah melalui kabel listrik di masing-masing wilayah.

Jika diperhatikan, pemasangan kabel listrik biasanya dipasang agak kendur. Sebagian orang beranggapan kabel listrik yang dipasang kendur pada gardu listrik terlihat kurang rapi.

Selain itu, metode pemasangan kabel listrik dengan cara lebih ketat dianggap akan lebih hemat, karena tidak terlalu membutuhkan kabel yang terlalu panjang.

Lalu, mengapa kabel listrik dipasang kendur?

Metode pemasangan kabel listrik dengan cara tersebut memiliki alasan sendiri, yaitu mencegah kabel putus akibat penyusutan di suhu yang rendah.

Baca Juga: Usai Gempa M7,4 di NTT, PLN Gerak Cepat Pulihkan 194 Gardu Listrik yang Terdampak

Melansir Electrical Technology, jika kabel dibuat rapat dan cuaca menjadi dingin, kabel listrik akan menyusut dan cenderung memendek. Hal ini dapat menimbulkan tegangan lebih pada kabel listrik, sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan putusnya kabel listrik.

Sebaliknya saat cuaca panas, kabel listrik yang merupakan konduktor cenderung bertambah panjang karena sifatnya yang memuai jika terkena panas.

Atas dasar alasan itulah, kabel juga tidak dipasang secara tegang pada malam hari. Hal ini dikarenakan perkiraan suhu cenderung mengalami kekeliruan, sehingga meningkatkan risiko pada pemasangan kabel.

Pengaruh cuaca dan suhu internal kabel membuat kabel yang dipasang harus dilonggarkan sedikit, agar kabel tidak mudah putus sehingga menyebabkan terganggunya pasokan listrik.

Baca Juga: Siap-Siap! Tahun Depan, Tarif Listrik 13 Golongan Ini Naik

(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x