Kompas TV nasional kesehatan

Beginilah Contoh Olahraga Ringan yang Benar untuk Penyintas Covid-19 | AYO SEHAT

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 14:42 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV – Infeksi virus korona ini bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena tak hanya menyerang organ paru-paru saja, tetapi juga organ jantung, hati, dan pencernaan.

Meskipun telah dinyatakan negatif dari virus corona, banyak penyintas yang masih merasakan gejala lanjutan, atau yang dikenal sebagai long covid.

Hingga saat ini, belum ada satu pengobatan khusus yang dapat membantu memulihkan gejala long covid tersebut.

Namun kita bisa meminimalisir gejala yang muncul, salah satunya dengan beristirahat yang cukup dan berolahraga.

Baca Juga: Lindungi Anak Dari Diabetes – Ayo Sehat

Menurut Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Andhika Raspati, untuk para penyintas Covid-19 harus sangat berhati-hati saat memilih jenis olahraga apa yang akan dilakukan, karena yang ditakutkan adalah terjadinya komplikasi-komplikasi, seperti komplikasi peradangan jantung atau Mikoarditis.

“Kalau misalnya udah kena Covid, beberpa literatur mengatakan jangan olahraga yang berat dulu bahkan dikatakan jangan kardio dulu even yang low intensity.”

Maka dari itu untuk para penyintas covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri, disaranakan sebatas streching atau peregangan-peregangan, mobility training hanya sekedar agar badan tidak kaku, dan breathing exercise atau pelatihan napas.

Olahraga harus tetap dilakukan meskipun kita sedang isolasi mandiri, karena penderita covid-19 memiliki resiko pembekuan darah sehingga orang yang tidak berolahraga atau istilahnya mager, dapat memperbesar resiko terjadinya pembekuan darah.

Baca Juga: Tidur Nikmat, Badan Sehat - AYO SEHAT



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.