Kompas TV nasional kesehatan

Olahraga Ringan Untuk Penyintas Covid-19: 10 Hari Setelah Gejala Pertama Terjadi | AYO SEHAT

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 13:23 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Penting sekali untuk seseorang berolahraga guna meningkatkan imunitas tubuh, termasuk berolahraga saat terinfeksi covid-19 dan juga isolasi mandiri.

Dilansir dari laman republika.co.id, Dokter Sports Medicine Institute di New York, Amerika Serikat sudah menerbitkan panduan tentang bagaimana penyintas Covid-19 agar dapat mulai berolahraga dengan aman.

Penyintas Covid-19 disarankan memulai dengan latihan intensitas rendah dan memperhatikan seberapa banyak mereka makan dan minum.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Andhika Raspati juga mengatakan bahwa untuk para penyintas Covid-19 harus sangat berhati-hati saat memilih jenis olahraga apa yang akan dilakukan, karena yang ditakutkan adalah terjadinya komplikasi-komplikasi, seperti komplikasi peradangan jantung atau Miokarditis.

Baca Juga: Perlunya Olahraga Bagi Penyintas Covid-19, Simak Informasi Berikut ini | AYO SEHAT

Para penyintas Covid-19 dianjurkan mulai berolahraga minimal 10 hari setelah gejala pertama dan sudah 7 hari bebas gejala, dan itupun tidak diperbolehkan langsung olahraga berat.

Tahapan pertama olahraga yang bisa dilakukan adalah jalan kaki atau bersepeda santai dengan durasi 10-15 menit dan akan terus bertahap jika tidak ada keluhan yang muncul.

Sementara itu, penyintas Covid-19 yang memiliki komorbid akan ada penyesuaian dan perbedaan dosis.

Karena orang-orang yang memiliki komorbid, jangka pemulihannya lebih lama dan panjang dari penyintas yang tidak memiliki komorbid.

Baca Juga: Waspada Kanker Paru, Dan Pencegahannya - AYO SEHAT



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x