Kompas TV nasional politik

Keluarga Mulan Bisa Isolasi Mandiri, Wamenkes: Semua Masuk Karantina yang Ditentukan, Bukan di Rumah

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 21:27 WIB
keluarga-mulan-bisa-isolasi-mandiri-wamenkes-semua-masuk-karantina-yang-ditentukan-bukan-di-rumah
Mulan Jameela dan Ahmad Dhani melakukan pemotretan dengan tema ala India. (Sumber:  Instagram @mulanjameela1)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menegaskan aturan karantina bagi pelaku perjalanan internasional berlaku untuk semua pihak tanpa ada pengecualian.

Pelaksanaan karantina selama 10 hari bagi pelaku perjalanan dilakukan di tempat yang sudah disediakan oleh Satgas Covid-19. Seperti di Wisma Atlet Pademangan atau di hotel yang dirujuk oleh Satgas.

Penegasan aturan Wamenkes Dante ini menjawab pertanyaan terkait adanya keluarga anggota DPR dari Fraksi Gerindra Mulan Jameela yang memilih untuk isolasi mandiri di rumah sepulang dari luar negeri. 

Baca Juga: Soal Karantina yang Diperpanjang Jadi 10 Hari, Menkes: Memang Sengaja, Kita Lindungi 270 Juta Rakyat

Wamenkes Dante menjelaskan aturan karantina 10 hari bagi pelaku perjalanan internasional telah tertuang dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 23 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Covid-19.

Ketentuan karantina 10 hari bagi pelaku perjalanan internasional ini didasari pertimbangan kemunculan varian baru B.1.1.529 atau Omicron yang diyakini banyak pakar lebih cepat menular dari varian lama.

"Semua masuk ke dalam karantina yang sudah ditentukan. Karena pengawasannya lebih baik, isolasinya lebih baik. Tidak di rumah, tetapi di tempat-tempat karantina yang sudah ditentukan," ujar Dante saat agenda kick off vaksinasi anak usia 6-11 tahun di SDN 03 Cempaka Putih, Selasa (14/12/2021) dikutip Antara.

Sebelumnya anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra Mulan Jameela bersama suaminya Ahmad Dhani dan anak-anaknya dikabarkan tidak menjalankan karantina sepulang dari luar negeri. 

Baca Juga: Adam Deni Kembali Beri Bukti Foto Ahmad Dhani dan Mulan Jameela Langgar Aturan Karantina

Kabar tersebut didapat pegiat media sosial Adam Deni yang mengaku menerima sebuah pesan dari seorang netizen yang dikirim melalui fitur direct message. 

Pesan tersebut berisi pengakuan netizen melihat keluarga Ahmad Dhani saat di Turki pada 2 Desember 2021. 

Akan tetapi, pada 9 Desember 2021, netizen itu mengatakan temannya melihat Ahmad Dhani dan Mulan Jameela sedang berada di pusat perbelanjaan kawasan Pondok Indah.

Baca Juga: Pejabat Negara Boleh Karantina di Rumah, Polisi Pastikan Mulan Jameela Tak Langgar Aturan



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x