Kompas TV regional peristiwa

Ratusan Brimob Polda Kalteng Dikerahkan ke Papua untuk Perangi KKB

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 11:01 WIB
ratusan-brimob-polda-kalteng-dikerahkan-ke-papua-untuk-perangi-kkb
Pasukan satuan Brimob Detasemen C Polda Jateng saat mengikuti apel gabungan yang digelar di Mapolresta Surakarta, Kamis (2/12/2021). (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Purwanto

PALANGKA RAYA, KOMPAS.TV - Sebanyak 122 personel Satuan Brigade Mobil atau Brimob dari Polda Kalimantan Tengah dikerahkan ke Papua untuk memerangi ganggguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). 

Namun, sebelum dikirim ke Papua, mereka terlebih dahulu akan diberangkatkan ke Jakarta. Ratusan Brimob itu akan berada di Ibu Kota selama sebulan.

Baca Juga: Penjelasan Polda Metro soal Brimob Desak Mundur Massa Reuni 212 dari Kawasan Patung Kuda

Kapolda Kalteng Irjen Nanang Avianto melalui Kabid Humas Kombes Kismanto Eko Saputro mengatakan ratusan Brimob itu akan mengikuti pelatihan selama berada di Jakarta.

“Mereka selama satu bulan di Jakarta akan mengikuti latihan, setelah itu 105 personel Brimob Polda Kalteng diberangkatkan ke Papua untuk memerangi KKB,” kata Nanang dalam keterangannya di Palangka Raya yang dikutip pada Selasa (14/12/2021).

Adapun sisanya sebanyak 17 personel akan mengikuti pelatihan Aman Nusa Satu yang juga dilaksanakan di Jakarta.

Baca Juga: TNI-Polri Tembak Mati Satu Anggota KKB di Intan Jaya, Terungkap Identitasnya

Nanang mengatakan, personel Brimob yang dikirim ke Papua rencananya akan bertugas paling lama enam bulan. Namun, tidak menutup kemungkinan masa tugas akan diperpanjang sembari melihat situasi di Papua.

"Sebenarnya hal ini merupakan tugas rutin yang dilakukan, dalam rangka untuk menumpas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah tersebut," ucap Nanang.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu menegaskan, Kapolda Kalteng sebelum melepas ratusan personel Brimob tersebut berpesan agar seluruh personel selalu menjaga soliditas, jiwa korsa, loyalitas dan selalu bersemangat dalam melaksanakan tugas.

Baca Juga: SMAN 1 Oksibil Disebut Dibakar KKB, Polisi Ungkap Terduga Pelaku Bawa Senjata dan Alat Perang

Selain itu, para komandan juga diharapkan agar setiap kali melaksanakan tugas di lokasi setempat, tetap meningkatkan kewaspadaan, pengendalian dan penegakan disiplin terhadap personelnya.

"Yang terpenting juga adalah selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan," ujarnya.

Eko menambahkan, seluruh pejabat utama Polda Kalteng, baik itu Kapolda Kalteng beserta jajaran juga mendoakan agar personel yang melaksanakan tugas, selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga: Brimob Jualan Rokok Berujung Bentrok dengan Kopassus TNI, Kompolnas Soroti Gaji Anggota Polri

Dia meminta doa dari masyarakat Kalimantan Tengah agar seluruh personel yang dikirim ke Papua dapat menjalankan tugas dengan baik dan selalu dilindungi.

"Berangkat datang dengan selamat, pulang pun tiba dengan selamat tanpa kurang satu personel pun," kata Eko.

Baca Juga: Rentetan Bentrok Prajurit, Kopassus vs Brimob hingga Marinir Adu Jotos dengan Raider TNI AD

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x