Kompas TV regional berita daerah

Guru Jangan Lelah Berinovasi dan Kreasi

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 13:41 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Saat menghadiri puncak perayaan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional di Kampus Upgris Semarang. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, meminta para guru melakukan lompatan-lompatan. Baik di sisi cara belajar mengajar, metode hingga metodologi pembelajaran. Agar tetap bisa memberikan ilmu pengetahuan yang berkualitas di tengah pandemi Covid-19. Karena kurang memungkinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka secara normal, guru harus melakukan inovasi dan kreasi, supaya siswa dapat menerima pembelajaran dengan baik.

Selain itu, siswa juga harus dibekali life skill agar mereka mampu menjawab tantangan zaman, serta membangun karakter anak-anak agar tidak mudah mem-bully temannya sendiri, tidak mudah marah dan selalu hormat pada guru dan orangtua.

"Guru melakukan inovasi, melakukan kreasi ya, karena terjadi disrupsi di dunia pendidikan dan ada tantangan masa depan yang luar biasa. Maka harus ada lompatan-lompatan, cara mengajar, cara belajar, metode-metodelogi agar kita bisa mengejar ketertinggalan," ujar Ganjar.

Indonesia akan mengalami bonus demografi pada tahun 2045 nanti, dan hanya guru yang bisa menyiapkan anak didiknya. Maka guru saat ini tidak hanya mengajar semata, namun juga memfasilitasi dan mendukung potensi anak-anak didiknya dengan inovasi dan kreasi.

#ganjarpranowo #hutpgri #harigurunasional

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.