Kompas TV olahraga kompas sport

Menang di GP Abu Dhabi, Max Verstappen Juara Dunia F1 2021

Kompas.tv - 12 Desember 2021, 23:24 WIB
menang-di-gp-abu-dhabi-max-verstappen-juara-dunia-f1-2021
Max Verstappen menggenggam gelar juara dunia F1 pertamanya usai memenangi GP Abu Dhabi dengan finis terdepan mengungguli Lewis Hamilton. (Sumber: Formula One)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

ABU DHABI, KOMPAS.TV - Max Verstappen menjadi orang Belanda pertama yang memenangkan gelar kejuaraan dunia Formula One (F1) usai ia memenangkan Grand Prix Abu Dhabi untuk mengakhiri musim secara dramatis pada hari Minggu (12/12/2021).

Pembalap Red Bull itu meraih kemenangan ke-10 musim ini ketika ia memanfaatkan safety car untuk menyalip juara tujuh kali Lewis Hamilton pada lap terakhir setelah Nicholas Latifi jatuh.

Verstappen dan Hamilton yang bersaing untuk gelar juara F1, datang ke balapan dengan memiliki poin yang sama. Verstappen mendapat keuntungan ketika ia start dari yang terdepan di GP Abu Dhabi ini.

Namun Hamilton yang memenangi tiga balapan sebelumnya, melakukan start sempurna saat mendahului Verstappen di tikungan pertama.

Keduanya kemudian terlibat persaingan sengit di lap pertama dengan Verstappen menyalip dan memaksa Hamilton melebar dari lintasan.

Akan tetapi pembalap Mercedes itu mampu melakukan manuver cantik dan bergabung kembali dengan balapan di depan.

Hamilton yang kemudian mampu memimpin balapan terancam ketika Red Bull mengambil keuntungan saat safety car masuk ke lintasan pada lap 36 dari 58 untuk mengganti satu set ban keras baru.

Hamilton yang tetap berada di lintasan mulai terkejar posisinya saat dan Verstappen mengikis keunggulannya di setiap lap. 

Safety car lain masuk kembali di lintasan pada lap 54 yang memungkinkan Verstappen untuk pit lagi dan beralih ke ban lunak.

Baca Juga: Max Verstappen Bakal Jadi Juara F1 2021 Jika Dapatkan Hasil Ini di Seri Pamungkas GP Abu Dhabi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.