Kompas TV nasional politik

Jokowi Skakmat Waketum MUI Anwar Abbas soal Penguasaan Lahan, Bukan Saya Yang Bagi!

Kompas.tv - 12 Desember 2021, 14:23 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab kritik Wakil Ketua MUI Anwar Abbas jadi sorotan publik.

Usai Anwar Abbas menyampaikan pidatonya dan mengkritik terkait kasus lahan tanah, Jokowi merespons tegas.

“Yang pertama yang berkaitan dengan lahan, dengan tanah. Penguasaan lahan, penguasaan tanah. Apa yang disampaikan oleh Buya betul. Tapi bukan saya yang membagi. Ya harus saya jawab. Harus saya jawab. Dan kita sekarang ini dalam proses mendistribusi reforma agraria yang target kita sudah mencapai 4,3 juta hektare dari target 12 juta dari yang ingin kita bagi,”ucap Jokowi dikutip dari Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Saat Jokowi Jawab Langsung Kritik Anwar Abbas, Tak Baca Bahan Sambutan

“Tapi dengan sebuah hitung-hitungan proposal juga yang feasible. Artinya ada feasibility study yang jelas. Akan digunakan apa barang itu, lahan itu. Akan saya berikan. Saya akan berusaha untuk memberikan itu, insyaallah. Karena saya punya bahan banyak, stok. Tapi nggak saya buka ke mana-mana. Kalau Bapak-Ibu sekalian ada yang memiliki, silakan datang ke saya, diantar oleh Buya Anwar Abbas”lanjut Jokowi.

Sebelumnya Anwar Abbas menyampaikan indeks Indonesia bidang pertanahan sangat memprihatinkan itu 0,59, artinya 1 persen penduduk menguasai 59 persen lahan yang ada di negeri ini.

Video Editor: Febi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.