Kompas TV nasional peristiwa

Survei Kemenhub: 11 Juta Orang Diperkirakan Akan Bepergian Selama Libur Nataru

Kompas.tv - 11 Desember 2021, 16:05 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menurut survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sebanyak 11 juta orang diperkirakan akan melakukan perjalanan atau bepergian selama libur Natal dan tahun baru mendatang.

Juru Bicara (Jubir) Kemenhub, Adita Irawati menyatakan, pihaknya telah melakukan survei sebanyak 3 kali di bulan Oktober, November dan Desember 2021. Khususnya setelah diumumkannya pembatalan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Disdik DKI Keluarkan SE, Isinya Guru sampai Orang Tua Murid Diimbau Tak Mudik Libur Nataru

Hasilnya, bahwa dengan dibatalkannya PPKM level 3 di seluruh Indonesia, terdapat potensi pergerakan sebesar 7,1% atau sekitar 11 juta orang akan melakukan mobilitas atau melakukan perjalanan.

Survei oleh Balitbang Kemenhub tersebut diikuti 49 ribu responden secara nasional secara online. Wilayah terbanyak responden adalah Jawa dan Bali.

Adita menambahkan, khusus Jabodetabek, ada potensi sebesar 7% atau sekitar 2,3 juta orang yang akan melakukan perjalanan di akhir tahun ini. 

Video editor: Laurensius Krisna Galih

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.