Kompas TV olahraga kompas sport

WADA Izinkan Emblem Bendera Merah Putih di Jersey Atlet

Kompas.tv - 11 Desember 2021, 05:15 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - 90 persen pending matters yang harus diselesaikan LADI telah selesai. Ini dilaporkan Presiden NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari yang saat ini masih berada di markas besar WADA di Lausanne Swiss.

Dari hasil pertemuan, WADA juga mengizinkan emblem atau gambar bendera merah putih di jersey atlet saat turun di sebuah kejuaraan.

NOC bergerak cepat dalam masalah sanksi WADA untuk Indonesia, saat ini Presiden NOC Raja Sapta Oktohari tengah berada di Laussane Swiss untuk melaporkan progres masalah masalah yang tertunda oleh LADI.

Pada perkembangannya, Okto melaporkan bahwa pending matters sudah 90 persen selesai.

Okto yang juga ketua gugus tugas percepatan penyelesaian sanksi menyampaikan bahwa LADI telah menyelesaikan urusan terkait penyelesaian, test distribution plan, in competition test dan out, competition test.

Sisa 10 persen tugas lain adalah menyangkut masalah independensi ladi dan anggaran.

Dalam pertemuannya, Oktohari juga menanyakan detail aturan penggunaan bendera merah putih kepada Sekretaris Jenderal WADA Olivier Niggli.

Walaupun WADA tidak melarang penggunaan atribut bendera Indonesia pada jersey, bendera Indonesia masih belum bisa berkibar di ajang internasional hingga sanksi ini dicabut, namun sosialisasi ini dianggap penting oleh NOC Indonesia agar tidak ada lagi salah interpretasi.

Di seluruh federasi Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Sanksi Badan Anti Doping Dunia menargetkan sanksi secepatnya akan selesai sebelum Sea Games Hanoi 2022 digelar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x