Kompas TV regional berita daerah

Perdana Udang Timika Berhasil Diekspor Ke Jepang

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 16:39 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua, melalui PT Bartuh Langgeng Abadi, melakukan ekspor perdana udang beku ke Jepang sebanyak 9,8 ton. Udang ini merupakan hasil dari tangkapan nelayan lokal.

Udang beku diekspor menggunakan kapal laut melalui pelabuhan Pomako, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika dengan waktu tempuh sampai ke Jepang satu bulan.

Ada dua jenis udang yang diekspor, yakni udang tiger dan udang banana, yang standarnya sudah susuai dengan permintaan perusahaan Jepang. Bahkan PT Bartuh Langgeng Abadi juga sudah sepakat untuk mengatur pengiriman berikutnya di Tahun 2022.

Perusahaan pengeekspor mengaku saat ini jumlah udang beku yang diekspor masih sangat kecil. Dikarenakan fasilitas nelayan lokal sendiri masih minim. Kedepannya perusahaan akan merambah ke bidang tangkap khususnya udang, untuk meningkatkan produksi.

Pemerintah Kabupaten Mimika mengapresiasi PT Bartuh Langgeng Abadi, yang mana telah melakukan ekspor hasil tangkap nelayan lokal hingga ke luar Negeri. Pemerintah menyampaikan selain udang,  ada sejumlah hasil tangkap nelayan lokal seperti kepiting bakau dan ikan kakap merah, yang sudah menembus pasar sejumlah Negara.

#TimikaPapua #EksporImpor #NelayanLokal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x