Kompas TV regional update

Temuan Fenomena Aliran Sungai Baru di Wilayah Dusun Kamar Kajang Pasca Bencana Semeru

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 16:30 WIB
Penulis : Dea Davina

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Tim Kompartemen Kebencanaan Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember, atau IKA ITS Surabaya, menerjunkan tim mitigasi dan riset ke lokasi bencana Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Dari hasil analisis pasca-bencana, tim kompartemen kebencanaan menemukan fenomena baru, yaitu munculnya aliran sungai baru di wilayah Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Aliran sungai baru muncul, karena sungai yang biasanya di lalui lahar dingin tertutup oleh material akibat banjir lahar dan awan panas guguran Gunung Semeru, pada Sabtu (04/12) lalu.

Baca Juga: Peduli Korban Bencana Semeru, Pedagang Pasar Legi Solo Kumpulkan Sayur Mayur dan Bumbu Dapur

Aliran air dan lahar dingin yang muncul di sungai baru ini semakin deras, dan mengarahkan ke permukiman Desa Sumberwuluh.

Sungai baru ini dikhawatirkan menjadi kanalisasi limpahan banjir lahar susulan, yang berpotensi membahayakan warga, sukarelawan dan tim SAR.

Temuan ini akan dilaporkan ke pihak terkait untuk diantisipasi.

Pasalnya, intensitas hujan di sekitar Gunung Semeru masih tinggi, dan di khawatirkan akan ada banjir lahar yang mengalir melalui sungai baru tersebut.

Selain melakukan riset pasca-bencana, Tim Kompartemen Kebencanaan IKA ITS Surabaya, juga menerjunkan sukarelawan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.