Kompas TV regional peristiwa

Penampakan Mobil Hagglund PMI di Lokasi Bencana Semeru: Istimewa, Bisa Menerjang Medan Sulit

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 14:35 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Palang Merah Indonesia (PMI) menerjunkan dua unit mobil Hagglung ke lokasi bencana di kawalan Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur.

Kendaraan dengan roda rantai besi ini mampu menerjang segala medan termausk suhu panas, untuk evakuasi korban bencana Semeru dan mengangkut logistik baik bagi korban maupun operasional relawan.

Baca Juga: Aktivitas Gunung Semeru Masih Tinggi, Warga Dilarang Pulang ke Rumah Selama Proses Evakuasi

Salah satu lokasi yang menjadi proses pencarian dan evakuasi korban adalah di kawasan Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, yang memakan korban jiwa akibat terjangan lahar panas dan asap panas gunung semeru.

Dengan spesifikasi yang mumpuni, Hagglund bisa bermanuver di lokasi yang sulit dilintasi oleh kendaraan biasa. Secara umum, Hagglund dapat membawa hingga 17 orang, dan unit trailer dapat disesuaikan untuk kegunaan yang berbeda.

Baca Juga: Korban Meninggal Bencana Gunung Semeru Jadi 40 Orang, Evakuasi Masih Berlanjut

Mobil Hagglund telah beberapa kali diturunkan untuk membantu evakuasi. Seperti saat letusan Gunung Merapi tahun 2010, Gunung Kelud tahun 2011, hingga Gunung Sinabung tahun 2013 silam.

Video editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.