Kompas TV nasional kesehatan

Mengenal Narkoba Jenis LSD yang Dikonsumsi Jeff Smith, Bahaya dan Efek yang Bisa Bikin Psikosis

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 13:27 WIB
mengenal-narkoba-jenis-lsd-yang-dikonsumsi-jeff-smith-bahaya-dan-efek-yang-bisa-bikin-psikosis
Jeff Smith (Sumber: Grid.ID)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Buntut penangkapan aktor Jeff Smith atas kasus penyalahgunaan narkoba pada Rabu (8/12/2021), dilaporkan bahwa Jeff mengonsumsi narkoba jenis LSD (Lysergic Acid Diethylamide).

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan mengatakan bahwa Jeff Smith rela merogoh kocek yang dalam untuk satu lembar LSD, yakni Rp500 ribu, dan memesankan sebanyak 50 lembar.

“50 lembar ini dihabiskan dalam waktu, ini perlu waktu nanti didalami, tapi pengakuan sementara dia satu hari bisa empat lembar,” kata Zulpan, Kamis (8/12/2021).

Baca Juga: Polisi Beber Jeff Smith Beli 50 LSD Seharga Rp 500 Ribu per Lembar, Sehari Konsumsi 4

Apa itu LSD?

LSD (Lysergic Acid Diethylamide) adalah bahan kimia sintetis, terbuat dari zat yang ditemukan di dalam ergot, jamur yang menginfeksi gandum hitam.

LSD termasuk dalam kategori narkotika golongan I yang dilarang dan masuk dalam Undnag-Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009.

Melansir laman resmi Alcohol and Drugs Foundation, LSD dalam keadaan murni berbentuk zat kristal putih yang tidak berbau. Namun bentuk yang paling umum adalah tetes larutan yang dikeringkan pada lembaran gelatin, potongan kertas isap, atau gula baru.

Selain itu, LSD juga dijual dalam bentuk cairan, tablet, dan kapsul.

Baca Juga: Polisi Sebut Jeff Smith Ditangkap di Rumah Saat Konsumsi Narkoba Jenis LSD

Efek LSD

Seperti obat pada umumnya, LSD juga memiliki efek pada tubuh. Namun, efek LSD dapat memengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda, bergantung pada ukuran, jumlah yang dikonsumsi, kekuatan obat, diminum bersamaan dengan obat lain atau tidak, dan toleransi obat.

Efek LSD umumnya mulai setelah 30 menit mengonsumsi dan akan berlangsung hingga 8-12 jam. Berikut beberapa efek LSD yang mungkin dialami penggunanya.

  • Euforia dan tenang
  • Pelebaran pupil
  • Perubahan persepsi, seperti halusinasi visual dan pendengaran
  • Kebingungan
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Muntah
  • Detak jantung kencang dan tidak teratur
  • Peningkatan suhu tubuh
  • Muka memerah, berkeringat, dan kedinginan

Pada tahap yang lebih parah hingga mengalami overdosis, seseorang mungkin akan mengalami kepanikan, paranoid, hingga psikosis (kesulitan membedakan kenyataan dan imajinasi).

Baca Juga: Sebelum Jeff Smith Diciduk karena Narkoba, Sang Pacar Pernah Bicarakan Hal Ini

LSD dan kesehatan mental

Mengonsumsi LSD dalam jangka panjang dilaporkan dapat memicu atau memperburuk masalah kesehatan mental, seperti kecemasan, skizofrenia, atau psikosis.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa pemberian LSD dengan dosis yang terkontrol dalam pengaturan terapeutik yang aman dapat mengobati depresi, gangguan stres pascatrauma, dan mengurangi kecemasan.



Sumber : Kompas TV/adf.org

BERITA LAINNYA



Close Ads x