Kompas TV regional berita daerah

Heroik! Polisi Selamatkan Penambang saat Awan Panas Semeru Terjadi

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 10:58 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Aksi heroik polisi menghimbau truk- truk pasir untuk meninggalkan lokasi saat guguran awan panas gunung semeru di Lumajang Jawa Timur beredar di media sosial. Belakangan diketahui ia merupakan anggota Polsek Candipuro polres setempat.

Dalam video itu terlihat Briptu Ismail sedang menghalau penambang menjauh dari lokasi tambang pasir. Atas himbauannya, seluruh sopir dan penambang selamat saat kejadian awan panas guguran gunung semeru pada Sabtu lalu (4/12/2021).

Baca Juga: Jenazah Korban Awan Panas Semeru Disimpan di Kontainer Pendingin

Briptu Ismail mengaku mendapat perintah dari Kapolsek Candipuro untuk melakukan pemantauan di aliran lahar, karena saat itu ada getaran banjir yang sangat besar.

Setelah satu jam di lokasi, banjir lahar tidak kunjung datang. Namun sepuluh 10 kemudian, tiba – tiba ia melihat kepulan asap putih kehitaman yang terus mendekat. Akhirnya ia berinisiatif untuk menghalau sopir truk dan penambang pasir.

Atas himbauan tersebut, seluruh warga yang ada di lokasi selamat dari terjangan awan panas guguran dan banjir lahar hujan gunung semeru.

 

#GunungSemeru #AwanPanas #Lava #BanjirLahar #Lumajang #Polisi #PenambangPasir



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x