Kompas TV regional agama

Korban Awan Panas Semeru Trauma dan Berharap Bantuan Hunian Baru

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 10:44 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Rasa takut dan trauma dialami warga terdampak awan panas guguran gunung semeru. Mereka tidak berani menempati lagi rumahnya dan berharap pemerintah segera merealisasikan bantuan hunian baru.

Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang menjadi salah satu kawasan yang terdampak awan panas guguran gunung semeru. Di RT/RW 10/5, seluruh warganya terpaksa harus mengungsi. Rumah warga rusak parah. Debu dan pasir tebal menyelimuti pemukiman warga. Bahkan sebagian rumah warga roboh dan rata dengan abu vulkanik.

Baca Juga: Material Panas Erupsi Gunung Semeru Timbun Alat Berat Tambang Pasir

Sri Wati, adalah salah satu warga Dusun Sumbersari yang menjadi korban keganasan awan panas guguran. Meski secara umum kondisi rumahnya terlihat utuh, namun di bagian dalam dipenuhi debu dan pasir. Rasa takut dan trauma terus menghinggapi Sri Wati, jika mengingat peristiwa sabtu sore lalu.

Rumahnya yang berada di kawasan aliran lahar semeru membuat dirinya tak ingin lagi kembali ke rumahnya. Dengan menahan tangis, Sri Wati berharap rencana bantuan hunian baru dari pemerintah segera terwujud.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Ida. Dirinya takut menempati rumahnya lagi dan berharap bantuan tempat tinggal yang layak dan aman.

 

#GunungSemeru #AwanPanas #Lava #BanjirLahar #Lumajang #Trauma #Hunian #Rumah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x