Kompas TV regional wawancara

Tagana Siap Siaga Membantu Masyarakat Terdampak Bencana Semeru

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 10:23 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV – Taruna Siaga Bencana atau Tagana menjadi salah satu ujung tombak penanggulangan bencana Gunung Semeru.

Tagana Utama Jawa Timur, Priyo Prasojo mengatakan bahwa penugasan Tagana Jawa Timur di Gunung Semeru di 2 lokasi terpisah yaitu di Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro.

Semua pelayanan dimulai dari mendirikan shelter untuk pengungsi, pelayanan pendataan pengungsi, dan untuk peningkatan gizi pengungsi selama di pengungsian.

Priyo juga mengatakan untuk saat ini Tim Tagana memberikan sosialisasi agar masyarakat merasa aman, dan bisa mengungsi di daerah yang termasuk zona aman, serta membuat warga merasa nyaman dan betah di pengungsian.

Baca Juga: Bencana Semeru, Pengungsi Kekurangan Air Bersih!

Hal tersebut dilakukan supaya warga mengurungkan niat dan keinginan kembali ke rumahnya yang saat ini dalam daerah rawan bencana, karena setiap  harinya permasalahan di lokasi terus berkembang seperti lahar dingin, kemudian tanggul jebol, dan pencarian korban hilang yang belum ditemukan.

“Kita harus memberikan suatu pengertian bahwa penyelamatan di saat-saat seperti ini perlu diperhatikan, dikarenakan kita juga nggak tahu gejala yang akan timbul berikutnya. Dipastikan juga pemerintah memberikan warning kepada masyarakat untuk ikut mengamankan diri dan keluarganya,” ujar Priyo.

Tentunya Tagana berharap warga mengikuti himbauan, seperti tetap berada di pengungsian berkumpul berasama keluarga, tetap sehat, dan merasa nyaman serta betah tinggal di pengungsian, tentunya nanti Tagana akan melayani kebutuhan para pengungsi.

Baca Juga: Penggalangan Dana dan Doa Bagi Korban Semeru



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.