Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Selesai Bangun Tembok Besi Plus Ratusan Kamera dan Sensor Rahasia di Gaza

Kamis, 9 Desember 2021 | 10:28 WIB
israel-selesai-bangun-tembok-besi-plus-ratusan-kamera-dan-sensor-rahasia-di-gaza
Tembok Besi canggih Israel di Gaza dilengkapi dengan ratusan kamera dan sensor rahasia. (Sumber: AP Photo/Tsafrir Abayov)

GAZA, KOMPAS.TV - Israel mengumumkan telah menyelesaikan pembangunan tembok besi canggih di Gaza yang dilengkapi ratusan kamera dan sensor rahasia

Pertahanan itu dikembangkan Israel, setelah Hamas menggunakan terowongan untuk mengusir pasukannya selama invasi 2014 ke wilayah Palestina yang terkepung.

Israel telah  mengumumkan membangun proyek tersebut pada 2016 lalu.

Proyek itu juga mencakup pagar di atas tanah, penghalang angkatan laut, sistem radar dan ruang komando serta kontrol.

Baca Juga: Prihatin Pelanggaran HAM China, Kanada akan Boikot Diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing

 “Tembok itu, yang merupakan proyek inovatif dan teknologi terbaru akan menghalangi Hamas dari salah satu kemampuan yang coba dikembangkannya,” ujar Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz dikutip dari Al-Jazeera.

“Di tembok besi itu akan ditempatkan sensor dan beton antara organisasi teror dan penduduk sebelah selatan Israel,” tambahnya.

Kementerian Pertahanan Israel mengungkapkan tembok tersebut memiliki ratusan kamera, radar dan sensor rahasia sepanjang 65km. Juga, memiliki 140.000 ton baja dan besi yang digunakan pada konstruksinya.

Mereka menegaskan tinggi dari tembok canggih tersebut lebih dari 6 meter dan memiliki penghalang maritim, termasuk sarana mendeteksi penyusupan melalui laut dan sistem senjata yang dikendalikan dari jauh.

Kementerian Pertahanan Israel tak mengungkapkan kedalaman bawah tanah tembok tersebut.

Penulis : Haryo Jati | Editor : Purwanto

Sumber : Al-Jazeera



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:43
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19